462 total views (dibaca)

Ambon, TN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan untuk menunda sebagian tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Penundaan tersebut dilakukan, lantaran merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas, pada sejumlah wilayah di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkias Sairdekut mengatakan, sebagai lembaga penyelenggara pilkada, KPU memiliki kewenangan untuk memutuskan berdasarkan kondisi terkini negara.

“Jadi prinsipnya di daerah, kita tentunya hanya tinggal menunggu instruksi Pemerintah Pusat (Pempus) lewat KPU sebagai penyelenggara Pilkada. Inikan hanya penundaan pentahapan, dan belum sampai pada tahap penundaan pilkada,” kata Sairdekut saat dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon, Senin (30/3).

Hingga saat ini, kata Sairdekut, pihaknya masih menunggu keputusan akhir dari KPU, apakah pilkada serentak ditunda hingga tahun 2021 ataukah tidak.

Saat singgung mengenai apakah penundaan pentahapan pilkada ini akan berpengaruh pada pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 nanti, Sairdekut mengatakan, penundaan pentahapan tentunya akan berpengaruh pada jadwal pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

“Pasti berpengaruh. Tapi kenyataan hari ini yang dihadapi oleh negara kita dengan penyebaran virus Corona ya tentunya harus disikapi serius. Bahkan, ada sebagian daerah yang berpikir untuk pilkada serentak ini harus ditunda hingga tahun 2021. Tapi kewenangan itu ada di pempus, kita di daerah nanti menyesuaikan saja,” tandas Sairdekut.

Untuk diketahui, tiga tahapan yang ditunda itu, yakni pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan, hingga rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta pencocokan dan penelitian (coklit).

Jadwal masa pendaftaran pasangan calon pada 28-30 April 2020 tidak ditunda. Jadwal pemungutan, dan penghitungan suara 23 September 2020 mendatang pun tidak ditunda.

Berita lain untuk anda

Bupati: Kampung Adat Proteksi Ancaman Nyata Perampasan Lahan dan Hutan di Jayapura

 473 total views (dibaca)  473 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Bupati Jayapura, Matius Awoitauw mengaku, bahwa…

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Sorong Capai 91,90 Persen

 492 total views (dibaca)  492 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Sebanyak 40 orang terkonfirmasi positif, dan 47…

Polda Papua Barat Amankan 1 Wanita 2 Pria Jaringan Senjata Api Filipina-Manado-Papua

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Timsus Direktorat Kriminal Umum Polda Papua…

Tokoh Agama di Sulut Diajak Jadi Contoh dan Teladan Cegah Penyebaran Covid-19

 437 total views (dibaca)  437 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANADO – Pjs. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Agus…

Sikapi Penyerangan Posko Kamundan, Petrus Kasihiw Perintahkan Tim PMK2 Lapor Ke Polisi

 464 total views (dibaca)  464 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Ir. Petrus Kasihiw MT, Bupati Teluk…

Polres Merauke Ungkap Kasus Pembunuhan dan Kekerasan Terhadap Anak

 383 total views (dibaca)  383 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji,…

S.Tete Marthadilaga, Pemerhati THM : Hotel Dipakai Pesta Narkoba Oknum DPRD, Harus Dicabut Izinnya

 424 total views (dibaca)  424 total views (dibaca) Jakarta, TN -Sangat disayangkan ke empat anggota DPRD Kabupaten…

Gubernur Sulsel Jelaskan Poin-poin Penting Dalam UU Cipta Kerja

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah akhirnya…

SKK Migas – JOB Pertamina PetroChina Salawati Responsif Hadapi Tanggap Darurat Covid-19

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) Aimas, TN – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha…

Dianggap Penting, Pengawasan Pilkada Sudah Diagendakan

 418 total views (dibaca)  418 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Provinsi…