Pembangunan Makassar New Port (MNP) sangat memerhatikan mitigasi lingkungan. Foto-TEMPO.CO

 708 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin menyatakan, penangkapan Gubernur Nurdin Abdullah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK adalah jawaban atas doa masyarakat. Khususnya warga yang menjadi korban atas konflik tambang pasir laut, dan proyek Makassar New Port.

“Penangkapan ini merupakan jawaban atas doa kami semua. Kami mengapresiasi KPK yang sudah melakukan penegakan hukum tepat dengan menangkap dan memeriksa Nurdin atas dugaan tindak pidana korupsi,” ucap Direktur Eksekutif Walhi Sulsel Al Amin, Senin (1/3/2021), seperti dikutip dari TEMPO.CO.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dicokok KPK bersama lima orang lainnya pada 27 Februari 2021 dini hari. Keenam orang itu langsung dibawa ke Gedung Merah Putih Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan.

Penangkapan terhadap Nurdin diduga terkait infrastruktur jalan. Namun, KPK masih enggan membeberkan lantaran pemeriksaan belum rampung.

Al Amin berharap, dari penangkapan ini, KPK juga menyidik dugaan tindak pidana korupsi pada proyek tambang pasir laut atau yang berhubungan dengan Makassar New Port. Sebab, Nurdin diduga ikut berperan pada hal ini.

Dalam laporan Majalah Tempo berjudul Jalur Kilat Tim Andalan pada 19 September 2020, Nurdin diduga memberikan izin usaha penambangan pasir di Blok Spermonde secara kilat kepada PT Banteng Laut Indonesia dan PT Nugraha Timur Indonesia.

Nurdin dinilai memberikan karpet merah terhadap dua perusahaan itu. Hasil penambangan itu digunakan untuk melanjutkan proyek pembangunan Makassar New Port.

Ketika dikonfirmasi saat itu, Nurdin Abdullah membantah mengistimewakan perijinan PT Benteng Laut Indonesia dan PT Nugraha Timur Indonesia.

“Kami berkomitmen mempermudah proses administrasi. Selama itu sesuai dengan aturan dan perundang-undangan, semua kami percepat,” ucap dia.

Nurdin diduga melakukan praktik KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) bersama aparat pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami mendesak KPK untuk mengembangkan kasus ini dan memeriksa sejumlah nama yang pernah kami laporkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU),” ucap Al Amin.

Terakhir, Al Amin yang mengatasnamakan masyarakat juga meminta Nurdin Abdullah mundur dari jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Selatan saat menjalani proses hukum di KPK.

“Agar proses penyidikan bisa berjalan baik, tidak ada kepentingan lain atau masalah lain yang muncul di kemudian hari,” kata Al Amin.

Berita lain untuk anda

Tapal Batas Antara Bone dan Maros Akan Ditetapkan Melalui Permendagri

 702 total views (dibaca)  702 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan Provinsi Sulawesi…

Dishub Sosialisasi Rencana Pemberlakuan PKM Kepada Sopir Angkot

 840 total views (dibaca)  840 total views (dibaca) Ambon, TN – Jelang diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM)…

Kemenko Marves Dukung Percepatan Pembangunan di Raja Ampat

 713 total views (dibaca)  713 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi…

Wali Kota Makassar Sidak Kantor Bapenda

 710 total views (dibaca)  710 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny”…

Sairdekut: Pemerintah Harus Pikirkan Perbaikan Ekonomi Masyarakat

 724 total views (dibaca)  724 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah, baik Provinsi Maluku maupun Kota…

Wali Kota Ternate: Negara Sejahtera Merupakan Konsep Ideal Konstruksinya

 706 total views (dibaca)  706 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman…

Sempat Tertunda Karena Covid-19, Wisuda UMS Akhirnya Terlaksana

 832 total views (dibaca)  832 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS) menggelar wisuda …

Ruslan Ramli Dilantik Sebagai Pelaksana Penjabat Sekda Merauke

 714 total views (dibaca)  714 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ruslan Ramli, SE, M.Si ditunjuk sebagai…

Tiga Petak Kios di Jalan Brawijaya Merauke Ludes Terbakar

 746 total views (dibaca)  746 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sekitar pukul 07.30 Wit, Senin (23/1/2022)…

Astaga! Para Tenaga Medis di MBD Belum Terima Insentif

 788 total views (dibaca)  788 total views (dibaca) Ambon, TN – Para tenaga medis yang ditempatkan oleh…