Kota Sofifi Akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Malut

Presiden Jokowi saat meninjau UKM Mart bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, dan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kota Sofifi yang berada di Provinsi Maluku Utara diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di masa yang akan mendatang.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (5/10/2022).

“Kota Sofifi menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku Utara dan dinas-dinas sudah pindah ke sini, ini juga akan menjadi titik pertumbuhan baru ke depan,” kata Presiden.

Namun, sebagai sebuah ibu kota provinsi, Kota Sofifi masih harus dilengkapi dengan sarana infrastruktur lainnya.

“Memang ada beberapa infrastruktur yang masih perlu di-back up oleh pemerintah pusat, seperti pelabuhan, dan airport yang dekat di sini,” ujar Presiden.

Saat disinggung mengenai bentuk skema dari investasi infrastruktur yang akan dibangun, Presiden akan menyampaikan setelah diputuskan.

“Saya sudah berdiskusi panjang dengan Pak Gubernur, nanti skema yang kita cari. Segera saya info setelah ketemu,” ujar Presiden.

Sebelumnya, Presiden telah meninjau UKM Mart bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, dan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.