402 total views (dibaca)

Sorong, TN– Risiko penularan Covid-19 bisa terjadi di mana saja, termasuk di fasilitas kesehatan. Oleh karena itu, guna mencegah peyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berupaya meminimalisir penumpukan pasien di fasilitas kesehatan dengan menghadirkan layanan konsultasi dokter melalui Mobile JKN.

“Hadirnya fitur konsultasi dengan dokter di Mobile JKN ini dapat mendukung penerapan physical distancing di masyarakat. Hanya melalui fitur tersebut, dokter dapat melakukan komunikasi serta edukasi ke peserta tanpa harus melakukan tatap muka. Fitur ini sebagai first contact, sehingga peserta dapat diarahkan apakah perlu melakukan kunjungan ke tempat praktik atau tidak,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Sorong, Hartati pada Sabtu (25/04).

Hartati menambahkan melalui konsultasi tersebut dapat meminimalisir penumpukan pasien di FKTP. Jika keadaan pasien masih bisa ditangani melalui konsultasi tersebut, maka cukup dengan memanfaatkan fitur tersebut. Ia pun menjelaskan peserta JKN-KIS hanya cukup mengklik fitur ‘Konsultasi Dokter’ yang telah tersedia di Mobile JKN, dan langsung dapat berkonsultasi dengan dokter di tempat FKTP terdaftar.

Martina (26) salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang terdaftar di Dokter Praktek Perorangan (DPP) dr. Wayuni di Kota Sorong, mengaku fitur konsultasi dokter di aplikasi Mobile JKN ini akan sangat membantu dirinya saat menjalani physical distancing.

“Saya sudah cukup lama memanfaatkan fitur-fitur dari Mobile JKN, yang terbaru ini fitur konsultasi dokter dan kebetulan FKTP tempat saya terdaftar sudah diterapkan. Komunikasi dengan dokter pribadi melalui fitur ini akan sangat membantu saya saat sepertiini. Menurut saya, selama masih bisa berkonsultasi melalui fitur ini kenapa tidak dimanfaatkan,” ungkapnya.

Untuk wilayah kerja Sorong sendiri, FKTP yang telah menerapakan fitur konsultasi dokter di Mobile JKN sendiri yaitu Klinik Gading, DPP dr. Wahyuni dan dr. Dwi. Ke depannya, BPJS Kesehatan Sorong akan memaksimalkan penerapan fitur tersebut untuk seluruh FKTP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Berita lain untuk anda

Antisipasi Banjir, Lurah Malasom Ajak Warganya Bersihkan Saluran Air

 442 total views (dibaca)  442 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Intensitas hujan di wilayah Kabupaten Sorong…

Anggota DPR RI ini Bersinergi dengan Kemenristek Gelar Pembekalan Kepada Mahasiswa

 390 total views (dibaca)  390 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Anggota Komisi VII DPR RI, Rico Sia,…

Bantu Perangi Covid-19 Gubernur Apresiasi Bank Mandiri

 498 total views (dibaca)  498 total views (dibaca) Manokwari, TN – Dalam rangka mencegah penyebaran corona virus…

Agar Pasien Covid-19 Tidak “Membludak” di Ambon, Pemprov Harus Lakukan Ini

 478 total views (dibaca)  478 total views (dibaca) Ambon, TN – Selama ini, pasien yang positif terpapar…

Kapolda PB Himbau Jangan Kucilkan Pasien COVID–19

 407 total views (dibaca)  407 total views (dibaca) Manokwari,TN- Virus corona disease 2019 (COVID-19) yang saat ini…

Yonzipur 20/PPA Bina Pemuda Asli Papua untuk Jadi Tentara

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Kehadiran Batalyon Zeni Tempur 20/PPA Kodam…

Wagub Lantik Penjabat Wali Kota Ternate

 393 total views (dibaca)  393 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito…

Merasa di PHP, Masyarakat Adat Suku Karay Somasi PT Sinarmas Group

 395 total views (dibaca)  395 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kuasa Hukum Masyarakat Adat Suku Karay…

Masyarakat Kampung Okor Sangat Antusias Ikut Membangun

 451 total views (dibaca)  451 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pembangunan 20 unit rumah masyarakat semi…

MRPB: Anggota Bintara Yang Baru Lulus Adalah Polisi NKRI bukan Polisi Otsus Papua

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) melakukan…