Komitmen SKK Migas- KKKS Bantu Pemerintah Hadapi Covid-19 Terhambat Pembatasan Wilayah

Tanimbar, TN – Kendati terhambat pembatasan wilayah di sejumlah tempat akibat pandemic virus corona, SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku bersama Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), tetap berkomitmen membantu pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti yang dilakukan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Di wilayah ini, SKK Migas dan Inpex Masela Ltd menyerahkan peralatan kesehatan,  berupa 47 unit alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan (baju Hazmat, pelindung wajah, masker N95 dan sepatu boot), 40 dus masker bedah dan 1.000 botol hand sanitizer.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua & Maluku, A. Rinto Pudyantoro menyampaikan, industri hulu migas turut berempati atas terjadinya wabah yang diakibatkan dari Covid-19, yang telah menjangkit kepada masyarakat di daerah Timur Indonesia.

“Sambil menunggu proses angkut pengiriman bantuan ke Saumlaki, kami bersama beberapa Lembaga Masyarakat dan Subkontraktor KKKS, telah melakukan dukungan dalam bentuk Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dibidang Kesehatan dengan melibatkan perwakilan masyarakat desa Lermatang dan Bonmaki, tenaga professional yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta jurnalis hulu migas yang ada di Saumlaki”, ujar Rinto.

Diakuinya, dalam proses pengiriman logistic bantuan bencana non alam itu, terhambat adanya pembatasan wilayah di sejumlah tempat dan ketersediaan alat angkut logistic yang terbatas pada masa pandemic Covid-19 ini.

Secara simbolis, bantuan ini diserahkan kepada Pemerintah KKT di Gedung Kewarbotan, Selasa (14/4/2020). Selain APD dan perlengkapan kesehatan, turut diserahkan dalam kesempatan itu 8 poster edukasi penangulangan Covid-19 serta kampanye mengajak masyarakat untuk hidup sehat, mengkonsumsi makanan bervitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh dan materi edukasi untuk membatasi penyebaran berita hoax terkait wabah corona.

Pada kesempatan lainnya, Inpex juga turut menyampaikan simpati yang mendalam terhadap semua yang terdampak Covid-19 dan mengharapkan bantuan ini dapat membantu memperkuat sarana dan prasarana kesehatan di Indonesia.

Ditambahkan Rinto, kepedulian SKK dan KKKS terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 di KKT, tidak hanya karena akan dibangunnya kilang liquefaction natural gas (LNG) atau Kilang Gas Alam Cair oleh Inpex Masela Ltd di KKT.

“Tapi ini juga merupakan bagian dari kepedulian terhadap potensi penyebaran yang perlu segera prioritaskan, sehingga tidak menyebar hingga daerah operasional hulu migas di Indonesia,” tandas Rinto.