Berita

Komitmen Jaksa Agung Berantas Korupsi, Kapan SW Ditahan Setelah Ditetapkan Tersangka

×

Komitmen Jaksa Agung Berantas Korupsi, Kapan SW Ditahan Setelah Ditetapkan Tersangka

Sebarkan artikel ini
Wakil Jaksa Agung RI, Dr Sunarta. Foto AB/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah pada dinas pertambangan dan energi Kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2010, menjadi perhatian penuh Kajati Papua Barat.

1505
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Hal tersebut dikarenakan Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanudin sangat serius dengan penanganan perkara, terutama komitmen pemberantasan tindak pidana korupsi baik di pusat mau pun di daerah.

Komitmen Jaksa Agung Burhanudin itu sudah menjadi tanggung jawab jajarannya di tingkat Kejati dan Kejari.

Hal itu membuat Kejaksaan tinggi Papua Barat terus melakukan penyidikan terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah pada dinas pertambangan dan energi Kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2010.

Dimana kasus ini menyeret Sekretaris DPD Golkar Provinsi Papua Barat berinisial SW, namun informasi yang beredar bahwa ada intervensi dari pihak tertentu yang diduga menghalangi penyidikan.

Wakil Jaksa Agung RI, Dr Sunarta saat dikonfirmasi awak media, Kamis (15/9/2022) menegaskan bahwa terkait penyidikan kasus dugaan korupsi proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah pada dinas pertambangan dan energi Kabupaten Raja Ampat tahun 2010 tidak ada intervensi dari pihak manapun.

Kata Sunarta bahwa masalah penanganan perkara apalagi tindak pidana korupsi pihaknya selalu objektif dan tidak intervensi.

“Kalau pun suatu saat harus ekspos di Kejaksaan Agung hanya bentuk pengendalian penanganan perkara agar tetap pada koridor hukum, makanya isu intervensi itu kita hindari jadi kasus tegangan rendah dan menengah pada dinas pertambangan dan energi Kabupaten Raja Ampat tahun 2010 itu gak ada intervensi, kita tetap berjalan sesuai hukum yang berlaku,” ujar Wakajagung saat memberikan keterangan pers kepada awak media di VIP Room Bandara Rendani Manokwari, Kamis pagi.

Sesuai informasi yang diterima media ini, kejaksaan negeri sorong telah menetapkan politisi golkar SW sebagai tersangka berdasarkan putusan pengadilan tindak pidana korupsi pada pengadilan negeri Manokwari nomor : 6/Pid.Sus-TPK/2022/PN.Mnk, tanggal 12 Juli 2022.

Dimana SW ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan pengembalian kerugian negara dalam kasus proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah pada dinas pertambangan dan energi Kabupaten Raja Ampat T.A 2010 dibebankan kepadanya.

SW sudah dipanggil dan diperiksa sebagai saksi di Kejaksaan Agung Republik Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2022.

Selanjutnya, berdasarkan keterangannya di Kejagung itu Kejaksaan Negeri Sorong menetapkan SW sebagai tersangka pada tanggal 16 Agustus 2022, karena dia salah satu orang yang ikut mempertanggung jawabkan kerugian negara ini.

Penetapan tersangka SW tertuang dalam surat penetapan tersangka kepala kejaksaan negeri sorong nomor : KEP – 25./R.2.11/Fd.1/08/2022, kemudian perintah penyidikan Kejari sorong nomor : PRINT – 02/R.2.11/ Fd.1/08/2022 tanggal 16 Agustus 2022.

Juga tertuang dalam surat nomor : B – 2592/R.2.11/Fd.1/08/ 2022 tanggal 16 Agustus 2022, perihal pemberitahuan penyidikan perkara tindak pidana korupsi ditujukan kepada ketua KPK Republik Indonesia, Jl HR. Rasuna Said Kav. C-1 Kuningan Jakarta Selatan.