Komisi II DPRD Provinsi Maluku, pemerintah daerah serta PT. Pertamina Maluku, saat bertemu dengan Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas di Jakarta, Selasa (13/4/2022). Foto-Ist/TN

 733 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi II DPRD Provinsi Maluku terus berupaya untuk memperjuangkan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Maluku.

Bersama dengan pemerintah daerah serta PT. Pertamina Maluku, Komisi II akhirnya bisa bertemu dengan Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas di Jakarta, Selasa (13/4/2022). Pertemuan tersebut membuahkan hasil. Demikian siaran pers yang diterima wartawan, di Ambon, Selasa (19/4/2022).

Pasalnya, sesuai dengan keputusan BPH Migas, dan petunjuk pemerintah dimana untuk 34 Provinsi di Indonesia termasuk Maluku mengalami penurunan untuk tahun 2022. Kuota minyak tanah (mitan) akan mengalami penurunan dari kuota tahun 2021 sebesar 2 persen, sedangkan solar sebesar 5 persen.

Komisi II DPRD Maluku didampingi Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut dan Effendi Latuconsina bersama pemerintah Provinsi Maluku serta Pertamina bertemu dengan
Komite Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Basuki Trikora Putra.

Melkianus Sairdekut sebagai koordinator tim mengungkapkan, keinginan rakyat Maluku agar bisa menambah kuota mitan dan solar bersubsidi atau tetap pada realisasi tahun 2021, sekaligus mencabut keputusan penurunan mitan dan solar.

”Jika di tahun 2021 sesuai kuota Maluku masih mengalami kelangkaan mitan maupun solar yang terjadi di 11 kabupaten/kota di Maluku. Bagaimana jika kuota kami diturunkan, maka akan terjadi kelangkaan yang berdampak pada kebutuhan rakyat Maluku ” ujar Sairdekut di BPH Migas.

Sairdekut lantas memberi apresiasi atas keputusan BPH Migas yang memberikan kuota minyak tanah bagi Maluku untuk tahun 2022, sesuai realisasi kuota tahun 2021.

“Sedangkan Solar masih menjadi perjuangan, sebab semua butuh proses sesuai keputusan pemerintah yang berlaku di seluruh Indonesia,” ucap dia.

Sementara itu, Komite BPH Migas, Basuki Trikora Putra mengaku, jika keputusan yang diambil melalui rapat bersama pemerintah dan Komisi VII DPR RI, sehingga BPH Migas hanya merealisasi keputusan pemerintah.

“Penurunan kuota berlaku secara nasional, karena itu akan menjadi pertimbangan. Dimana untuk kuota mitan bersubsidi tidak mengalami penurunan, dan sesuai realisasi tahun 2021 yakni sebesar 104.778 (KL), sehingga kuota untuk tahun 2022 yakni 104.778 (KL),” ungkap Trikora.

Sedangkan solar bersubsidi untuk tahun 2022, menurut Trikora, belum bisa diputuskan. Namun dia menegaskan, jika komitmen Presiden RI Joko Widodo agar tetap memenuhi kebutuhan masyarakat.

Karena itu dia menyarankan, agar memperketat fungsi pengawasan, sehingga kuota solar bersubsidi yang ditujukan kepada yang berhak dapat tersalur dengan tepat sasaran.

“Kebutuhan masyarakat akan menjadi prioritas pemerintah melalui arahan Presiden. Karena itu saat ini yang mesti dilakukan adalah, bagaimana memperketat penyaluran BBM bersubsidi terutama mitan dan solar, agar dapat dinikmati oleh masyarakat dengan tepat sasaran,” kata Trikora.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saudah Tuanakotta/Tethool menyambut baik keputusan BPH Migas terkait mitan. Dia berharap, akan ada keputusan yang baik terkait solar.

”Kita selalu berjuang untuk masyarakat Maluku, karena itu diharapkan kondisi dunia bisa lekas pulih, agar persoalan BBM bisa terselesaikan,” tandas Tethool.

Berita lain untuk anda

Lebih Riskan dan Berpotensi Menyebarkan Corona, OTG Diminta Kejujurannya Melapor ke Satgas

 190 total views (dibaca)  190 total views (dibaca) Aimas, TN – Warga Kabupaten Sorong yang pernah berinteraksi…

Arman Prastiono Sebut Stok BBM untuk Selatan Papua Masih Aman

 220 total views (dibaca)  220 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Fuel Terminal Manager (FTM) Merauke, Arman…

Pemkot Laksanakan Rapid Tes Antigen di Belasan SMP di Ambon

 190 total views (dibaca)  190 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bergerak cepat,…

Program Langit Biru Mengurangi Dampak Pemanasan Global dari Gas Emisi Karbon

 207 total views (dibaca)  207 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Perlu diketahui masyarakat, bahwa Program Langit…

Bupati Himbau Warga Bintuni Taati Isi Spanduk Ini

 180 total views (dibaca)  180 total views (dibaca) Bintuni,TN- Tulisan yang terpampang dalam isi himbauan Kampung Nelayan,…

Ranperda LPJ Tahun 2019 Rangkumkan Seluruh Kebijakan Pemda

 215 total views (dibaca)  215 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury…

Telkomsel Hadirkan Paket “Surprise Deal Nonton”, Harga Mulai dari Rp 25 Ribu dengan Kuota Hingga 80GB

 181 total views (dibaca)  181 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Di hari kemerdekaan Republik Indonesia ini, Telkomsel…

ODP di Sulsel Bakal Diisolasi di Hotel

 183 total views (dibaca)  183 total views (dibaca) Makassar, TN – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, terus melakukan…

Wawali Ternate: Keluarga dan Pendidikan Merupakan Sebuah Aset Kehidupan

 159 total views (dibaca)  159 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wakil Wali Kota (Wawali) Ternate, Jasri…

Dampak Virus Corona, Kasus Kejahatan Di Kota Sorong Meningkat 50 Persen

 195 total views (dibaca)  195 total views (dibaca) Sorong,TN – Kasus kejahatan di Kota Sorong meningkat akibat…