Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Johan Lewerissa. Foto-Ist/TN

 6,892 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi II DPRD Provinsi Maluku akan segera melakukan on the spot ke lapangan, untuk memastikan penyebab meluapnya sungai Sakula, di Negeri Hattu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Rencananya, on the spot tersebut akan dilakukan pada Rabu (3/8/2022).

Demikian disampaikan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Johan Lewerissa, setelah menyikapi banjir bandang yang menerjang desa Hattu dan meluber hingga ke Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon beberapa hari lalu, akibat meluapnya Sungai Sakula.

”Sebagai perpanjangan tangan dari masyarakat, maka masalah ini perlu disikapi secara komprehensif. Kita memang telah mengagendakan rapat kemarin, namun ditunda karena yang menghadiri rapat hari itu hanya Kadis Lingkungan Hidup. Sementara Kadis ESDM dan Kadis Kehutanan Provinsi Maluku tidak hadir,” tegas Lewerissa kepada wartawan, di Ambon, Selasa (2/8/2022).

Pihaknya, menurut dia, harus memiliki data yang akurat, termasuk turun melakukan pengawasan dan monitoring ke lapangan, dan tidak hanya mendengarkan keterangan sepihak yang berasal dari dinas teknis terkait.

Apalagi, lanjut Lewerissa, sekitar 2019 lalu, perusahaan yang beroperasi di Sungai Sakula juga sempat dipanggil Komisi B, terkait persoalan Galian C.

Kuat dugaan, luapan sungai Air Sakula saat hujan deras beberapa hari lalu, karena adanya tumpukan sedimen galian C di sungai tersebut.

”Memang ada kewajiban yang mesti dilakukan pihak perusahaan. Jangan cuma melakukan galian C, tetapi seharusnya sedimentasi mesti dikeruk atau normalisasi serta reklamasi, agar tidak terjadi luapan air di waktu yang akan datang,” harap Lewerissa.

Berita lain untuk anda

Perampingan Program Bermanfaat Besar Bagi Masyarakat Sulsel

 2,631 kali dilihat 2,631 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mengatakan,…

Kapal Pengangkut Logistik Harus Tetap Beroperasi di Maluku

 2,614 kali dilihat 2,614 kali dilihat Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku meminta, agar kapal pengangkut…

Penyaluran BST di Ambon Lansung ‘Door to Door’

 2,599 kali dilihat 2,599 kali dilihat Ambon, TN – Menggunakan sistem ‘door to door’, Pemerintah Kota…

Brimob Polda Maluku Siaga Antisipasi Bencana Alam

 2,747 kali dilihat 2,747 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 300 personil Satuan Brimob Polda Maluku…

PT. Sawa Erma Sumbang Rp 2,4 Miliar ke Keuskupan Agung Merauke

 2,559 kali dilihat 2,559 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – PT. Sawa Erma (Korindo Group) menyerahkan bantuan…

Pasar Modern Rufei Dibersihkan Jelang Peresmian

 2,827 kali dilihat 2,827 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Jelang peresmian Pasar Modern Rufei, sejumlah pemuda, Organisasi…

Pemprov Sulsel Hadirkan Fasilitasi Sertifikasi Gratis bagi IKM

 5,151 kali dilihat 5,151 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas…

Tembok Sebuah Rumah di Karpan Ambruk Akibat Tanah Longsor

 4,241 kali dilihat 4,241 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebagian tembok sebuah rumah di kawasan Karang…

Bencana Pada Sejumlah Titik di Ambon Akibat Curah Hujan Tinggi dan Angin Kencang

 2,633 kali dilihat 2,633 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Intensitas Curah hujan tinggi disertai angin kencang…

Rekat Papua Barat Dukung Ridwan Kamil Maju Capres 2024

 2,599 kali dilihat 2,599 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Berbagai elemen yang tergabung dalam Relawan Masyarakat…