Komisi I DPRD Provinsi Maluku saat menggelar rapat kerja bersama BPKAD, Kesbangpol, Karo Pemerintahan, dan KPU Provinsi Maluku, di ruang Komisi I, Selasa (25/1/2022). Foto-Rudy Sopaheluwakan/TN

 2,453 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi I DPRD Provinsi Maluku telah menyetujui anggaran Rp 2,7 miliar untuk pentahapan pemilu non pemilihan. Untuk itu, Rp 2,7 miliar usulan KPU harus segera dianggarkan, agar bisa membiayai kegiatan-kegiatan yang sifatnya non pemilihan.

“Dan itu merupakan bentuk dukungan dan apresiasi kami dari lembaga ini lewat Komisi I. Oleh karena itu kami sampaikan secara teknis silahkan, dan kami tidak mau tahu. Intinya, rapat paripurna telah menyetujui itu, dan Rp 2,7 miliar tidak ada alasan untuk dipangkas,” kata Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra usai rapat bersama BPKAD, Kesbangpol, Karo Pemerintahan, dan KPU Provinsi Maluku, di ruang Komisi I, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, alokasi anggaran untuk KPU terdiri dari Rp 2,7 miliar untuk non pemilihan, dan Rp 187 miliar untuk kebutuhan tahapan pemilu 2024 mendatang.

Dia menegaskan, persoalan anggaran juga harus diantisipasi. Pasalnya, dia khawatir, anggaran akan memengaruhi tahapan Pileg dan Pilkada yang digelar bersamaan di tahun 2024 mendatang.

”Kami juga berencana melakukan rapat dengan semua anggota dan pimpinan KPU kabupaten/kota serta Sekda di semua kabupaten dan kota. Ini karena sistem pemilu kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya,” tegas Amir.

Rumra mengatakan, Komisi II DPR RI, Bawaslu, KPU RI dan Menteri Dalam Negeri telah menetapkan waktu pencoblosan.

”Rapat ini digelar, agar kita bisa menjelaskan atau mengklasifikasi kepada publik, terkait kesiapan pemilu dan pilkada. Kita berharap pemilu dan pilkada serentak ini berjalan aman dan lancar,” ujar Rumra.

Bukan saja itu, Amir Rumra juga menyinggung soal daftar pemilih yang sering meningkat tajam saat pemilu.

”Nah, kita harus antisipasi masalah ini, agar tidak lagi terjadi persoalan atau kericuhan di kemudian hari,” tandas Rumra.

Untuk diketahui, proses pencoblosan pemilu legislatif dan Pilpres yang disepakati, yakni 14 Februari 2024, dan Pilkada serentak akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Berita lain untuk anda

Romanus Mbaraka Ajak Masyarakat Syukuri Kebaikan Tuhan di Tahun 2021

 2,500 kali dilihat 2,500 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Refleksi akhir tahun 2021, Bupati Merauke Romanus…

Kapolri Tunjuk Irjen Daniel Silitonga Jabat Kapolda Papua Barat

 2,777 kali dilihat 2,777 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Setelah 2 Tahun 6 Bulan menjalankan tugas…

Membuka Musrenbang Tingkat Distrik, Romanus Tegaskan Lemahnya Penerimaan Daerah

 2,484 kali dilihat 2,484 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah…

Gaya Ketua DPR Saat Ikut Senam di Lomba Piala Puan Maharani

 2,073 kali dilihat 2,073 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI…

DPR-PB Konsultasi Revisi Perdasus 4 Tahun 2019, Begini Respon Kemendagri

 2,543 kali dilihat 2,543 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,JAKARTA– Menindaklanjuti revisi peraturan daerah khusus (Perdasus) nomor 4 tahun…

Jelang Natal 2020, Polres Merauke Bersedekah Kepada Warga Payum

 2,497 kali dilihat 2,497 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2020, Polres…

Pembangunan Asrama Mahasiswa Maybrat Jadi Sorotan, ada apa?

 3,430 kali dilihat 3,430 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Mahasiswa asal kabupaten Maybrat yang tengah menempuh…

Dinas PUTR Sulsel Lakukan Penanganan Rutin Ruas Jalan Antang

 2,640 kali dilihat 2,640 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PUTR…

Wagub Kaltim Dukung Penutupan Jembatan Mahkota II

 2,528 kali dilihat 2,528 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), H Hadi…

6,8 Kilogram Ganja Diamankan di Pelabuhan Sorong

 2,606 kali dilihat 2,606 kali dilihat Sorong, TN- Satuan Narkoba Polres Sorong Kota, berhasil mengamankan 6,8…