Anggota Komisi I DPR RI, Junico BP Siahaan. Foto-Ist/TN

 509 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Anggota Komisi I DPR RI, Junico Bp Siahaan menyatakan, keinginan pemerintah untuk menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan memberikan tarif yang tinggi kepada TV lokal terkait penyewaan channel atau saluran TV digital sangatlah tidak adil.

Menurutnya, TVRI janganlah menjadi TV kapitalis yang bertugas menghasilkan pendapatan, yang dimana itu di luar tugas pokok dan fungsinya.

“Teman-teman TV lokal, mereka berapa sih iklannya? Sementara biayanya hampir sama, nilai iklan enggak banyak, jumlahnya enggak banyak, harganya enggak sama dengan Jakarta. Sementara, harga yang ditetapkan oleh pusat itu hampir sama sekitar Rp 25 jutaan per bulan yang bisa menyerap Rp 250 sampai Rp 300 juta per tahun TV swasta. TV lokal disuruh bayar segitu. Menurut saya enggak fair lah,” tegas Nico dalam keterangan tertulisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Kamis (16/6/2022).

“Boleh kita menaikkan target PNBP, tapi jangan jadi TV kapitalis. Jangan buat TVRI jadi sumber pencarian uang untuk negara. Menurut saya tidak pas di luar tupoksinya. Tetap harus ada untung supaya negara enggak terlalu besar defisitnya untuk membiayai TVRI karena biayanya sekitar Rp1 sampai Rp1,5 (triliun) setahun, tapi jangan jadi menyulitkan banyak pihak. Kalau di TV nasional banyak iklannya enggak masalah, tapi kalau ngambil uang PNBP dari TV lokal, saya enggak setuju nanti akan saya sampaikan dalam rapat-rapat,” tambah dia.

Diketahui TVRI telah menyiapkan infrastruktur dan perangkat digital yang siap digunakan/ disewa oleh LPS Nasional, LPP Lokal dan LPS Lokal.

Untuk penyewaan multipleksing tersebut TVRI juga sudah mulai menyiapkan sarana prasarana pendukung untuk penyewa mux seperti menyediakan ruangan, kapasitas listrik yang memadai, internet, dan lainnya.

LPP TVRI juga telah siap pada 125 Layanan dari total 225 wilayah layanan MuItiplexing. TVRI telah memiliki 122 Lokasi Pemancar Digital yang dilengkapi dengan perangkat Multiplexing, dengan demikian TVRI di 122 Lokasi sudah siap menampung penyedia konten untuk bekerjasama dengan TVRI.

Pada beberapa daerah, kapasitas MUX TVRI sudah penuh yaitu di Jakarta, Bandung, Semarang, Bali dan Medan, namun masih banyak yang belum dimanfaatkan olen penyedia konten untuk bekerja sama.

Dari sisi program, Penyiaran multiplatform adalah satu keharusan karena ke depan masyarakat tidak lagi hanya mengandalkan televisi sebagai alat pemberi informasi dan hiburan.

Saat ini, LPP TVRI telah mengikuti perkembangan teknologi digital dan menggunakan semua sarana digital untuk menjangkau masyarakat. Yang menjadi keunggulan, sekaligus tantangan bagi TVRI adalah mempertahankan konten di media digital.

Berita lain untuk anda

Empat Daerah di Kaltim Laksanakan PPKM Level 4

 499 total views (dibaca)  499 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Setelah Balikpapan, Bontang dan Berau masuk…

Masuk 10 Destinasi Prioritas, Tidak Lama Lagi Pemerintah Bangun Bandara Misool di Raja Ampat

 470 total views (dibaca)  470 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Setelah ditetapkan dalam 10 Destinasi Pariwisata Prioritas…

Penyaluran BST di Ambon Lansung ‘Door to Door’

 428 total views (dibaca)  428 total views (dibaca) Ambon, TN – Menggunakan sistem ‘door to door’, Pemerintah…

Bulan Ini, STQ Tingkat Kota Kendari Digelar

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari, akan menggelar Seleksi…

RSUD Merauke Layani Vaksinasi Booster Seminggu Dua Kali

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Untuk diketahui masyarakat Merauke bahwa di…

Pemakaian KPM Takabonerate Dilaunching

 434 total views (dibaca)  434 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah…

Ketua MPR-RI : Tunda Mudik Jika Sayang Keluarga dan Orang Tua

 459 total views (dibaca)  459 total views (dibaca) Jakarta, TN – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan…

Korem 181/PVT Gelar Halal Bi Halal Dengan Insan Pers Dan Tokoh Agama

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Korem 181/PVT Sorong melaksanakan kegiatan Komsos Halal…

Polisi Sosialisasi Bahaya Covid-19 di Pasar, Kepala Distrik ke Kampung Aimos dan Warmon

 432 total views (dibaca)  432 total views (dibaca) Aimas, TN – Sosialisasi untuk mencegah penyebaran virus corona,…

Reses Masa Persidangan II, Sulaeman Hamzah Bertandang Ke Kampung Sidomulyo

 477 total views (dibaca)  477 total views (dibaca) Merauke, TN – Dalam rangka kunjungan kerja reses masa…