Berita

Komisi I Bahas Kesiapan Pemilu Serentak 2024

×

Komisi I Bahas Kesiapan Pemilu Serentak 2024

Sebarkan artikel ini
Komisi I DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat kerja (Raker) dengan BPKAD, Kesbangpol, Biro Pemerintahan, dan KPU Provinsi Maluku, Selasa (25/1/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi I DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat kerja (Raker) dengan BPKAD, Kesbangpol, Biro Pemerintahan, dan KPU Provinsi Maluku, Selasa (25/1/2022), membahas kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024.

1514
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra mengatakan, Komisi II DPR RI, Bawaslu, KPU RI dan Menteri Dalam Negeri telah menetapkan waktu Pemilu dan Pilkada serentak, sehingga perlu dicek kesiapan pihak terkait.

”Rapat ini digelar agar kita menjelaskan sekaligus mengetahui kesiapan pemilu dan pilkada,” ujar Rumra, ketika memimpin rapat di DPRD Maluku.

Dijelaskan, substansi rapat terkait pembiayaan non tahapan pemilu dan kesiapan penyelenggara terkait tahapan Pileg, Pilpres, dan Pilkada.

”Persoalan anggaran yang sering terjadi pada pemilu legislatif dan pilkada agar tidak terulang lagi,” tandasnya.

Untuk itu, persoalan anggaran mesti diantisipasi sejak dini agar tidak terjadi masalah saat proses berlangsung.

“Kami berencana akan melakukan rapat dengan semua anggota dan pimpinan KPU kabupaten dan kota serta Sekda di semua kabupaten dan kota. Ini karena rezim Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya,” ujar Rumra.

Ia menambahkan, alokasi anggaran sebesar Rp 2,7 miliar untuk non tahapan Pemilu dan Rp 287 Miliar untuk kebutuhan tahapan pemilu 2024 mendatang.