Berita

Koarmada III Buat Percontohan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung Untuk Nelayan

×

Koarmada III Buat Percontohan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung Untuk Nelayan

Sebarkan artikel ini
kegiatan penaburan benih ikan kakap putih keramba jaring apung di dermaga Mako Koarmada III Katapop, Salawati, Kabupaten Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Koarmada III melakukan penaburan 1.000 ekor benih ikan kakap putih keramba jaring apung di dermaga Mako Koarmada III Katapop, Salawati, Kabupaten Sorong, Selasa (13/10/2020).

1513
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat desa pesisir dalam usaha pembudidayaan ikan laut dengan menggunakan keramba jaring apung laut dengan memperhatikan kelayakan aspek ekonomis, teknologi dan manajemen budidaya ikan dengan pola kebersamaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa pesisir, khususnya desa binaan Koarmada III di wilayah Papua Barat yang diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Budidaya ikan kakap putih di keramba jaring apung dan budidaya ikan lele di tambak air tawar merupakan percontohan bagi nelayan agar semakin produktif,” ujar Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han).

Melalui kegiatan ini, kata Pangkoarmada III, diharapkan dapat membangun karakter masyarakat dan budaya bangsa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu gotong royong dan tolong menolong dalam membangun untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Pangkoarmada III juga meninjau perkebunan tanaman bahan pokok dan sayur-sayuran yang dikoordinir Dispotmar Koarmada III.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini, baik budidaya ikan kakap putih, ikan lele dan perkebunan merupakan salah satu upaya Dispotmar Koarmada III dalam rangka mendukung program nasional ketahanan pangan, “tutur Pangkoarmada.

Menurutnya, interaksi antara Prajurit Koarmada III dengan masyarakat melalui budidaya ikan dan perkebunan akan membantu mengatasi kesulitan masyarakat desa pesisir di Katapop dan sekitarnya.

“Salah satu tugas TNI Angkatan Laut pada masa damai berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 pasal 9 adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Hal itu sudah diimplementasikan oleh Dispotmar Koarmada III dengan kegiatan pembinaan potensi maritim dan berbagai kegiatan fisik, salah satunya melaksanakan budidaya ikan kakap putih dengan menggunakan keramba jaring apung laut di perairan Pantai Katapop,”pungkas Pangkoarmada.