KM Fajar Baru 8 yang Terbakar Ditarik ke Dermaga Dok Karim

KM. Fajar Baru 8 yang terbakar pada Minggu (7/3/2021) dievakuasi ke dermaga Dokarim. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kapal KM.Fajar Baru 8 yang terbakar di Dermaga pelabuhan rakyat Sorong pada Minggu (7/3/2021) kemarin, sudah berhasil dievakuasi ke Dermaga pulau Dokarim milik Pertamina, Senin (8/3/2021).

“Saat ini tindakan yang sudah dilakukan setelah kejadian ini adalah menarik kapal tersebut ke pulau Dok Karim Pertamina, ” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Sorong, Jece Julita Piris kepada awak media , Senin (8/3/2021).

Hingga saat ini kata Jece, pihak KSOP masih melakukan pemeriksaan awal kepada Nahkoda kapal dan 11 Anak Buah Kapal (ABK) KM. Fajar Baru 8. Untuk sementara dugaan penyebab kebakaran kapal itu disebabkan oleh percikan api dari puntung rokok milik penumpang.

“Dugaan sementara karena ada percikan dari rokok penumpang. Rencananya Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan turun ke lokasi ini secepatnya,” beber Jece.

Jece menambahkan, akibat dari peristiwa kebakaran itu, KM. Fajar Baru 8 mengalami kerusakan pada bagian dek dua dan tiga. Sementara bagian mesin kapal masih utuh.

“Untuk tingkat kerusakan ada di dek dua dan tiga, yang bagian mesin masih utuh jadi masih bisa dilakukan perbaikan. Terkait kejadian ini juga sudah dicek tidak ada tumpahan minyak yang mencemarkan lingkungan laut,”terang Jece.

Jece berharap, dengan adanya kejadian semua pihak diminta berhati-hati terutama pemilik maupun Nahkoda, dan seluruh ABK kapal selalu memperhatikan keselamatan kapal dan penumpang.