KKB Kembali Berulah, Diduga Bakar Pesawat Susi Air di Nduga Papua

Ilustrasi pesawat terbakar. (foto: istimewa).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri membenarkan bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait dugaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini membakar pesawat milik Susi Air.

Kabarnya, pesawat dengan nomor penerbangan SI 9368 tersebut dibakar KKB saat berada di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua.

“Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga,” kata Irjen Fakhiri kepada wartawan, dikutip Teropongnews di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Melalui informasi yang ia dapatkan, disebutkan bahwa pilot pesawat Susi Air itu adalah Capten Philips M asal Selandia Baru. Kabarnya, pesawat tersebut membawa lima penumpang, termasuk seorang bayi.

Namun, hingga saat ini polisi belum mendapatkan informasi lanjutan mengenai kondisi pilot beserta lima penumpang lainnya.

“Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya,” kata Kapolda Papua.

Adapun nama lima penumpang pesawat milik Susi Air, yaitu Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.Irjen Fakhiri menambahkan, pesawat jenis Pilatus Porter ini terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

“Dari pengecekan yang dilakukan dari udara, terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro,” kata Kapolda Papua.