Berita

Kezia Tulalessy Wakili Ambon Terima Penghargaan Hari Kartini

×

Kezia Tulalessy Wakili Ambon Terima Penghargaan Hari Kartini

Sebarkan artikel ini
Kezia Arabelle Tulalessy (kiri) menjadi wakil Kota Ambon, untuk menerima penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi bidang lingkungan hidup pada puncak Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 di Istana Negara, Kamis (21/4/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kezia Arabelle Tulalessy (16) menjadi wakil Kota Ambon, untuk menerima penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi bidang lingkungan hidup pada puncak Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 di Istana Negara, Kamis (21/4/2022).

1465
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon, Meggie Lekatompessy, yang turut mendampingi wakil Kota Ambon di Istana Negara menjelaskan, pemberian penghargaan bagi perempuan tersebut diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM).

“OASE-KIM mengadakan seleksi perempuan berjasa dan berprestasi dari 514 kabupaten/Kota se-Indonesia, yang terbagi dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup dan pertanian,” terangnya ketika dikonfirmasi usai penerimaan penghargaan.

Dia mengaku, terpilihnya Kezia sebagai salah satu penerima penghargaan langsung di istana negara, oleh Pembina OASE KIM, Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wuri Estu Handayani Maruf Amin, merupakan hal yang patut disyukuri, sebab pada masing–masing bidang hanya diwakili oleh 2 orang.

“Mengapa Kezia yang menerima penghargaan langsung di Istana Negara? Perlu diketahui Kezia adalah penerima penghargaan yang termuda, dan untuk bisa sampai di Istana Negara itu rupanya ada indikator penilaian tersendiri dari OASE KIM,” bebernya.

Dikatakan, meski usianya masih muda, Kezia ternyata telah banyak melakukan aksi nyata bagi pelestarian lingkungan. Siswi kelas XI SMA Lentera Harapan Ambon tersebut merupakan pendiri Lebebae Kids Comunity yang beranggotakan 70 orang anak berusia 10–18 tahun.

Tujuan dari Lebebae Kids comunitty ini, lanjutnya, adalah untuk menjaga, melindungi merawat dan melestarikan lingkungan dengan berbagai aksi nyata pemebersihan pesisir pantai dan laut, penanaman bibit pohon pada sejumlah lokasi di Kota Ambon, maupun sosialisasi tentang bahaya sampah plastik.

“Selain itu lewat Lebebae Kids Comunitty, Kezia juga telah berjejaring dengan berbagai pihak diantaranya, dengan Ocean Crusaders dari Australia, juga dengan organisasi lainnya baik lokal maupun nasional, dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” ungkap Lekatompessy.

Lekatompessy mengatakan, penghargaan yang diterima Kezia tentu menjadi inspirasi bagi semua perempuan di Kota Ambon, untuk dapat berdampak bagi lingkungan sekitar.

“Dengan semangat Hari Kartini dan emansipasi perempuan, saya berharap keberadaan perempuan seharusnya dapat memberikan motivasi bagi sekitarnya dan terus memberikan manfaat dalam bidang tugasnya, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan hingga bagi kota Ambon dan Indonesia,” harap Lekatompessy.

Untuk diketahui, pemberian penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi diberikan atas kerjasama OASE-KIM dan kementerian/lembaga serta Pemerintah provinsi, kabupaten/kota, sebagai pendorong perempuan Indonesia, untuk berkarya nyata serta berguna bagi bangsa dan negara.

Di tahun ini, jumlah penerima penghargaan sejumlah 514 orang sesuai jumlah kabupaten/kota di seluruh indonesia, dengan rincian bidang pendidikan 115 orang yang berasal dari 96 kabupaten dan 19 kota, Bidang kesehatan 99 orang (78 kabupaten dan 21 kota), Bidang Sosial-Budaya 102 orang (84 kabupaten dan 18 kota),Bidang Lingkungan hidup 99 orang (81 kabupaten dan 18 kota) serta bidang pertanian 99 orang (77 kabupaten dan 22 kota).