Ketua Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Papua Barat, Yoseph Titirlolobi, S.H. foto Wim/TN.

 3,043 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Ketua Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Papua Barat, Yoseph Titirlolobi, S.H, mempertanyakan jabatan mantan wali kota Sorong, Lambert Jitmau sebagai ketua tim Pemekaran provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Pasalnya menurut Yosep, Lambert Jitmau, sebelumnya telah mengundurkan diri sebagai ketua tim percepatan pemekaran provinsi Papua Barat Daya, tepatnya pada 1 Maret 2022 sebelum dirinya mengakhiri masa jabatannya sebagai wali kota Sorong, pada 22 Agustus 2022 lalu.

Pengunduran diri tersebut juga telah disampaikan di depan publik dan diberitakan di sejumlah media di kota Sorong sejak bulan April 2022 lalu.

“Sebagai ketua PA GMNI Papua Barat, saya Yosep Titirlolobi mempertanyakan jabatan mantan wali kota Sorong, bapak Lambertus Jitmau sebagai ketua tim percepatan pemekaran provinsi Papua Barat Daya,” ujar Titirlolobi.

“Sebelumnya kan, mantan wali kota Sorong bapak Lambert ini, pada April 2022 lalu telah mengembalikan jabatannya sebagai ketua tim percepatan PBD kepada gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan waktu masih menjabat dan saat itu juga dimuat beritanya di sejumlah media,” lanjutnya.

Dikatakannya, bahwa seharusnya jabatan ketua tim percepatan pemekaran harus dijabat oleh kepala daerah yang masih aktif, seperti bupati Sorong Selatan, dan bupati Raja Ampat.

“Supaya jangan multi tafsir di kalangan masyarakat, bahwa yang seharusnya menjabat ketua tim pemekaran Papua Barat Daya, itu adalah kepala daerah yang masih aktif, seperti bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli dan bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati. Kalau bapak LJ (Lambert Jitmau) kan sudah tidak aktif lagi sebagai wali kota Sorong, ditambah juga waktu itu pak LJ sudah mengundurkan diri sebagai ketua tim pemekaran PBD secara resmi di depan publik,” terang mantan Jurnalis ini.

Yosep Titirlolobi menyebutkan, jika sekarang mantan wali kota Sorong menggembar-gemborkan dirinya sebagai ketua tim percepatan pemekaran, itu artinya telah melakukan pembohongan publik.

“Kalau sekarang mantan wali kota Sorong menggembar-gemborkan dirinya sebagai ketua tim pemekaran PBD, itu artinya beliau telah melakukan pembohongan publik, karena sebelumnya bapak Lambert telah mengundurkan diri sebagai ketua tim pemekaran provinsi PBD,” tegasnya.

Oleh sebab itu kata Titirlolobi, PA GMNI Papua Barat, mendorong agar komposisi tim percepatan pemekaran Papua Barat Daya dan berikan ruang bagi kepala daerah yang masih aktif seperti bupati Sorong Selatan dan bupati Raja Ampat.

Berita lain untuk anda

Bupati Merauke Beri Motivasi Bagi Siswa SPENSA

 2,159 kali dilihat 2,159 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke Romanus Mbaraka memberikan motivasi kepada…

Kemenag Kaltara Masih Mencari Wilayah Ideal Untuk Memantau Hilal Idul Fitri

 2,621 kali dilihat 2,621 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Persiapan pemantauan hilal atau rukyatul hilal…

Ini Klarifikasi Pihak Pengelola Gudang Sanwira Merauke

 2,595 kali dilihat 2,595 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menyikapi sekaligus menanggapi opini yang berkembang di…

PT. ASDP Minta Pemkab Merauke Seriusi Dua Hal Ini

 2,248 kali dilihat 2,248 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – General Manajer Kantor PT. ASDP Indonesia Ferry…

Inovasi Indonesia, PeduliLindungi dan JAKI Menuju Kancah Internasional

 3,617 kali dilihat 3,617 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Dua inovasi dari Indonesia kembali mengikuti kontestasi…

Mengawali Karir di Media Sosial, Rapper Perempuan Ini Debut Jadi Pemain Film

 4,074 kali dilihat 4,074 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM – Nama Dhea Siregar nampaknya sudah tidak asing lagi di kalangan…

Dishub Akan Tertibkan Parkir Liar di Merauke

 2,645 kali dilihat 2,645 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke akan melakukan penertiban,…

Hari Ini Presiden Jokowi Serahkan BSU Pekerja Peserta BPJAMSOSTEK

 2,558 kali dilihat 2,558 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Komitmen pemerintah dalam memberikan Bantuan Subsidi Upah…

Dua Suku yang Bentrok di Kota Sorong Akhirnya Sepakat Berdamai

 2,693 kali dilihat 2,693 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kedua suku yang bertikai di kota Sorong, kini…

Piet-Matret Kuasai Panggung Debat Kandidat Cabup-Cawabup Teluk Bintuni

 2,665 kali dilihat 2,665 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Sesuai dengan prediksi awal, bahwa Ir Petrus…