Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Parlemen Ukraina H.E. Mrs Olena Kondratiuk, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Komplek MPR RI, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

 1,145 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik tawaran Wakil Ketua Parlemen Ukraina H.E. Mrs Olena Kondratiuk, agar Indonesia terlibat langsung dalam membangun kembali Ukraina pasca konflik militer dengan Rusia.

Tawaran antara lain melalui investasi pembangunan infrastruktur, bantuan kemanusiaan, hingga diplomasi multilateral dengan berbagai negara dan organisasi internasional untuk bersama-sama membantu pemulihan Ukraina.Komitmen Indonesia dalam membantu memulihkan kehidupan warga Ukraina tersebut sebelumnya juga telah diperlihatkan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Ukraina pada Juni 2022.

Dengan memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga sipil di Ukraina berupa hibah uang tunai melalui Palang Merah Ukraina sebesar USD 250.000, obat-obatan dan alat kesehatan, serta berkomitmen membantu proyek rekonstruksi pasca berakhirnya konflik militer Rusia – Ukraina.

Bamsoet sapaan akrabnya menguraikan, sebagai negara yang menganut prinsip politik luar negeri bebas aktif, Indonesia tidak pernah memihak salah satu pihak yang bertikai, melainkan selalu berpihak kepada terwujudnya perdamaian dunia. Terlebih, kata dia, Ukraina dan Rusia merupakan dua negara sahabat yang sama-sama memiliki hubungan bilateral sangat baik bagi Indonesia.

Karena itu, terhadap konflik militer antara Rusia dengan Ukraina, sebagai sahabat Indonesia selalu menyerukan agar dapat segera dihentikan.

“Dengan mengutamakan penyelesaian secara damai melalui negosiasi–diplomasi. Karena konflik militer ini bukan hanya merugikan Ukraina dan Rusia saja, melainkan juga merugikan warga negara dunia lainnya,” ujar Bamsoet usai menerima Wakil Ketua Parlemen Ukraina H.E. Mrs Olena Kondratiuk, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Komplek MPR RI, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, terhadap hasil referendum di empat daerah Ukraina, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Indonesia telah mengeluarkan empat pokok pandangan. Pertama, dijelaskan Bamsoet, setiap negara harus menghormati kedaulatan dan integritas wilayah negara lain, sesuai prinsip dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kedua, Indonesia secara konsisten menjunjung tinggi dan menghormati prinsip tersebut.”Ketiga, Prinsip ini juga berlaku terhadap referendum empat wilayah Ukraina yang dinilai melanggar prinsip Piagam PBB dan hukum internasional. Keempat, Referendum tersebut justru semakin menyulitkan penyelesaian konflik melalui perundingan dan mengakibatkan perang semakin berkepanjangan yang akan merugikan semua pihak,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, Indonesia telah mengambil berbagai langkah diplomasi internasional secara multilateral dalam membantu penyelesaian konflik militer Rusia – Ukraina. Antara lain mendukung Resolusi Sidang Majelis Umum PBB 2 Maret 2022, ‘Aggression Against Ukraine’, dan mendukung Resolusi Dewan HAM PBB 4 Maret 2022 ‘Situation of Human Rights in Ukraine Stemming from the Russian Aggression’.

Ia menegaskan, Indonesia juga mendukung Resolusi Sidang Majelis Umum PBB 24 Maret 2022, ‘Humanitarian Consequences of the Aggression Against Ukraine’, dan abstain atas Resolusi Sidang Majelis Umum PBB 7 April 2022 terkait penangguhan keanggotaan Rusia di Dewan HAM PBB.

“Berbagai langkah tersebut menegaskan sikap Indonesia yang konsisten mendukung penegakan hukum internasional dan Piagam PBB, khususnya mengenai kedaulatan dan keutuhan integritas teritorial suatu negara,” tandas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menambahkan, penghentian konflik militer Rusia – Ukraina bukan hanya akan menyelamatkan anak-anak dan perempuan yang kini menjadi pengungsi, melainkan juga akan menyelamatkan perekonomian dunia yang kini dihadapkan pada resesi.

“Mengingat kedua negara merupakan pemain penting dalam berbagai kegiatan perekonomian dunia. Misalnya, Ukraina sebagai lumbung gandum dan minyak bunga matahari, penghasil sumber daya mineral, industri besi logam, bahan kimia, mesin, peralatan industri, transportasi, serta produk pertanian dan makanan,” tuturnya.

Berita lain untuk anda

Pertamina Merauke Apresiasi Kinerja Kepolisian, Ini Alasannya!

 3,537 total views (dibaca)  3,537 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Fuel Termina Manager (FTM) Arman Prastiono…

Wali Kota Kendari Dialog Bersama Laskar Lembaga Adat Tolaki

 1,518 total views (dibaca)  1,518 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Pengurus Laskar Lembaga Adat Tolaki berdiskusi…

Janji Romanus Mbaraka Perjuangkan Ratusan CPNS Terwujud

 1,496 total views (dibaca)  1,496 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Janji Bupati Merauke Romanus Mbaraka untuk…

Wali Kota Canangkan HUT ke-446 Ambon

 1,549 total views (dibaca)  1,549 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, mencanangkan…

Kasus Injak Kepala, Perwakilan OKP Merauke Berdialog Bersama Ketua DPRD

 1,601 total views (dibaca)  1,601 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Organisasi Kepemudaan (OKP) Kabupaten Merauke yang…

Penadah Hasil Curian Terancam Pasal 480 KUHP

 1,608 total views (dibaca)  1,608 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tidak semua penjualan barang bekas maupun…

Dewan Pertimbangan Presiden dan Ketua MPR RI Bahas Hal ini!

 996 total views (dibaca)  996 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama…

Dampak Virus Corona, Kasus Kejahatan Di Kota Sorong Meningkat 50 Persen

 1,560 total views (dibaca)  1,560 total views (dibaca) Sorong,TN – Kasus kejahatan di Kota Sorong meningkat akibat…

Saat Ini Ternate Sudah Miliki Bank Sampah ANDALAN

 1,614 total views (dibaca)  1,614 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman…

Kabag Kesra Setda Raja Ampat Membenarkan Adanya Biaya Operasional Asrama Mahasiswa R4

 3,374 total views (dibaca)  3,374 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Anggota DPRD kabupaten Raja Ampat, Fahmi…