Launching pembayaran digital dengan pemencetan tombol sirene.Foto-Getty/TN

 3,785 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemkab Merauke melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Merauke telah melaunching elektronikfikasi transaksi Pemerintah Daerah yakni Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Sabtu (19/11/2022).

Hal ini sejalan dengan Keputusan Presiden (Peppres) nomor 3 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasana Digitalisasi Daerah (STP2D) sehingga daerah wajib membentuk STP2D.

Launching kali ini menunjukkan Pemkab Merauke serius dan lebih menggenjotnya dibuka dengan vestifal kopi dan kuliner dengan penerapan pembayaran secara digital.

“Ternyata lebih mudah dan efisien dan dijamin akuntabilitas. Ke depan kita harap seluruh transaksi Pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pajak dan retribusi sudah bisa melakukan transaksi nontunai melalui aplikasi mobil banking dari perbankan yang ada di Merauke begitu pula UMKM masyarakat,”ujar Sekda Merauke, Ruslan Ramli.

Target di tahun 2022 transaski non-tunai capai 30 persen, dan tahun 2023 meningkat 60 persen bahkan di tahun 2025 bisa mencapai 75-80 persen target transaksi Pemda yang tidak lagi menggunakan tunai.
Untuk mencapai target tersebut, semua usaha kecil, menengah hingga usaha besar pun didorong untuk menerapkan transaksi non-tunai.

Kepala Bapenda Merauke, Majinur menambahkan, sejak Januari 2022, Bank Indonesia (BI) telah menunjuk tiga kabupaten di wilayah Papua yakni Merauke, Biak Numfor dan Kabupaten Jayapura sebagai kabupaten termaju untuk menerapkan sistem digitalisasi. Merauke mendapat urutan kedua di triwulan 1 dan triwulan dua masuk urutan 3.

Penurunan inilah yang mendorong tim untuk mengevaluasi ternyata dalam penggunaannya oleh masyarakat dan pemerintah hanya 30 persen. Sehingga diambil kesimpulan bahwa sinergitas antara pemerintah daerah, masyarakat dan perbankan belum berjalan baik.

“Launching ini kita buat untuk mensinergikan antara UKM (masyarakat), perbankan dan Pemerintah Daerah. Ini merupakan tonggak awal yang kita bangun,”pungkas Majinur.

Majinur berkomitmen bahwa Merauke harus maju dan mampu mengejar target 30 persen di tahun ini. Menyangkut pajak dan retribusi daerah akan mendorong semua OPD untuk beralih ke pembayaran digital sehingga tidak terjadi bocoran. Sementara untuk masyarakat kecil yang tidak mempunyai HP Android maka akan berlaku menggunakan barcode, secara bertahap masyarakat dibiasakan menggunakan sistem digitalisasi.

Sementara Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengutarakan keinginannya terbesarnya yakni Merauke harus tumbuh. Sejalan dengan Merauke menjadi ibu kota Provinsi Papua Selatan (PPS) maka sistem belanja harus didukung dengan digitalisasi.”Ini bagian dari ciri sebuah daerah lagi berkembang,”pungkasnya.

Berita lain untuk anda

TNI AL Gandeng UNIMUDA Sorong Laksanakan Serbuan Vaksinasi

 1,445 total views (dibaca)  1,445 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komando Armada (Koarmada) III bersinergi dengan Universitas…

Ratusan Santri Kunjungi Situs Geologi Batu Angus, Ini Tujuannya

 1,620 total views (dibaca)  1,620 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sebanyak 100 siswa yang terdiri dari…

Pemkot Ambon Siapkan Masker Gratis Bagi Warga

 1,462 total views (dibaca)  1,462 total views (dibaca) Ambon, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan masker…

Warga Ternate Yang Belum Terima Bantuan Lapor ke Sini

 1,290 total views (dibaca)  1,290 total views (dibaca) Ternate, TN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus…

Mobile JKN, Jadi Aplikasi Andalan Ibu Rumah Tangga

 1,468 total views (dibaca)  1,468 total views (dibaca) Sorong, TN– BPJS Kesehatan menawarkan kemudahan luar biasa yang…

Persiapan Kejuaraan Bola Voly Kapolres CUP IV, Panitia Kegiatan Gelar Teknical Meeting

 1,367 total views (dibaca)  1,367 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji,…

Ternate Akan Terapkan “New Normal”, ASN Segera Berkantor

 1,545 total views (dibaca)  1,545 total views (dibaca) Ternate, TN – Kota Ternate akan segera menetapkan “new…

Pemprov Kaltara Layani Warga Bunyu Lewat Sipelandukilat

 1,377 total views (dibaca)  1,377 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara…

APINDO Sulsel Dukung Penolakan Untuk Perpanjangan Kontrak Karya PT Vale Indonesia

 3,889 total views (dibaca)  3,889 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia…

Kejutan : Ketum PD, AHY Serahkan KTA Langsung ke Siti Nur Azizah

 1,379 total views (dibaca)  1,379 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – DR. Siti Nur Azizah bakal calon…