Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya di Pasar Wamanggu Dinilai Rendah

Kondisi sampah di Pasar Wamanggu Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kesadaran warga pasar untuk membuang sampah pada tempatnya di Pasar Wamanggu Merauke dinilai masih kurang. Pasalnya, masih sebagian yang membiarkan sampah berserakan atau tercecer sehingga menimbulkan aroma tak sedap.

Kepala Pasar Wamanggu, Rudi menuturkan bahwa kesadaran warga pasar untuk menjaga kebersihan pasar masih harus didorong. Sebab, tidak semua mengikuti aturan guna menjaga pasar tetap bersih dan rapi.

“Warga Pasar ini ada juga yang belum menyadari pentingnya kita menjaga kebersihan,” ujar Rudi, Kamis (7/7/2022) di Pasar Wamanggu.

Dikatakan, dalam satu hari sampah yang dihasilkan mencapai tiga kontener. Namun akan ada peningkatan saat hari raya keagamaan. Bahkan ada kecurangan oknum masyarakat dari luar pasar yang sengaja melemparkan sampah ke dalam lingkungan Pasar sehingga menambah bobot sampah yang harus diangkut.

Saat ini, pihaknya memiliki dua armada pengangkutan dan tiga kontainer penampungan serta 30 petugas sampah yang dibagi di titik yang sudah ditentukan. Rudi menambahkan, lingkungan yang bersih akan memberikan rasa nyaman dan kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Oleh karena itu, kebersihan pasar adalah tanggungjawab bersama.