Berita

Kesadaran Masyarakat Untuk Pemeriksaan Dini Covid-19 di Merauke Masih Rendah

×

Kesadaran Masyarakat Untuk Pemeriksaan Dini Covid-19 di Merauke Masih Rendah

Sebarkan artikel ini
Rapid antigen gratis di Terminal Sementara Jalan Pemuda Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rupanya, masih banyak orang belum siap ketika pemeriksaan swab dengan hasil reaktif atau terpapar Covid-19.

Kabid Pencengahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Merauke, Titik Kartiningsih mengatakan, masih perlu dilakukan edukasi untuk memberikan pemahaman tentang pencegahan dini. Salah satunya dengan hasil swab orang akan ketahuan sehat atau segera diobati sebelum terlambat.

“Bagaiman seseorang itu harusnya sedini mungkin mengetahui status kesehatannya. Apakah dia terpapar atau tidak,” ujar dia saat kegiatan rapid tes di Terminal Sementara Jalan Pemuda, Jumat (12/02/2021).

4317
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Salah satu contoh ketakutan masyarakat, ketika ada rapid tes massal gratis hanya sebagian kecil saja yang mau memeriksa kesehatannya. Masyarakat masih berpikir untuk memenuhi persyaratan bepergian baru mau diperiksa.

“Terkonfirmasi Covid bukan akhir segalanya, ini yang harus diketahui masyarakat. Sedini mungkin atau semakin cepat diketahui, semakin bagus dan besar peluangnya untuk sembuh,” pungkas Titik.

Perubahan perilaku menjadi poin penting dengan memakai masker, cuci tangan, gunakan hand sanitizer, jaga jarak, istirahat yang cukup dan menjaga imun dengan makan minum yang sehat.

Masyarakat diajak tidak acuh dan menganggap tidak mematuhi prokes akan baik-baik saja. Semua orang punya tanggung jawab menjaga kesehatan pribadi dan orang lain, tidak menularkan atau tidak ditularkan.