Dandim 1808/Manokwari Kolonel (Arm) Airlangga (kanan), saat mendampingi Pangdam XVIII/Kasuari dalam kunjungan kerja. (Foto:Dok.PDB/TN)

 2,523 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Kepala Suku Besar Doreri, Gaad Hendrik Rumfabe.SH.MSi, dengan tegas  menyerukan agar komponen masyarakat Manokwari di wilayah Doreri, tidak mudah terprovokasi ibadah syukuran dan ikut-ikutan menaikkan bendera Bintang Kejora pada 19 Oktober 2020.

Dijelaskan Gaad Hendrik, apa yang diperintahkan Presiden Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) kepada masyarakat Papua yang memiliki semangat untuk Merdeka agar menaikan atau mengibarkan bendera Bintang Kejora pada 19 Oktober 2020 sebagai momentum Hari Kemerdekaan ke 9 NFRPB, hanyalah untuk kepentingan sekelompok kecil orang.

“Itu provokasi untuk kepentingan suatu kelompok, bukan untuk masyarakat pada umumnya,” tegas Gaad Hendrik melalui sambungan telepon selulernya, Minggu (19/10/2020).

Gaad Hendrik berpesan, agar masyarakat Papua di wilayah Doreri menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang cerdas dan bermartabat, sehingga tidak mudah diprovokasi untuk dijadikan obyek kepentingan sekelompok orang.  Ditegaskan Hendrik, NKRI sudah menjadi harga mati yang harus dipegang erat.

Dia juga berharap agar Gubernur Provinsi Papua Barat melihat dan menyikapi hal ini, dan juga organisasi dewan adat yang diduga ada dualisme kepemimpinan ini, jangan duduk diam. Sebab, ada indikasi aktivis pergerakan NFRPB telah menyusup di lembaga ini untuk kepentingan politik yang tidak sejalan dengan program pemerintah.

“Pak Gubernur harus segera melakukan pertemuan dengan dewan adat untuk menyelesaikan polemik internal dewan adat, dengan tujuan agar aspirasi politik dapat ditampung pada satu titik untuk mendukung program pembangunan. Kalau ada warga yang mau bikin kacau di Manokwari, silakan pulang ke daerah asal, sebab bagi kepala suku, NKRI adalah harga mati, ” tandas Gaad Hendrik.

Gaad menegaskan, agar warga Doreri berhenti mengikuti kelompok yang mengatasnamakan apapun, dengan bertujuan memuluskan kepentingannya yang tidak sejalan dengan NKRI.

“Pesan saya kepada masyarakat Doreri, bahwa kita tidak menerima kelompok yang mengatasnamakan apapun, dan saya tegaskan juga kepada masyarakat Doreri agar tidak terlibat untuk mendukung kegiatan seperti NFRPB, karena akan membawa kerawanan terjadinya konflik bagi masyarakat sendiri,” tegas Gaad Hendrik lagi. **

Berita lain untuk anda

92,16 % Pasien Covid-19 Sembuh, Kabupaten Sorong Menuju Zona Hijau

 2,635 kali dilihat 2,635 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Kinerja tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong yang…

Manokwari Barat Masuk Calon DOB, Marinus Bonepay Apresiasi Langkah Gubernur PB

 2,567 kali dilihat 2,567 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Ketua tim pemekaran calon Kabupaten Manokwari Barat Marinus…

April 2022, NTP di Malut Naik 0,67 Persen

 2,737 kali dilihat 2,737 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pada April 2022, Nilai Tukar Petani (NTP)…

Bantu Perangi Covid-19 Gubernur Apresiasi Bank Mandiri

 2,744 kali dilihat 2,744 kali dilihat Manokwari, TN – Dalam rangka mencegah penyebaran corona virus disease…

Polda Malut Masih Proses Laporan Dugaan Ijazah Palsu

 2,420 kali dilihat 2,420 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Hingga kini Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara…

Di Harganas Tingkat Provinsi, Pemkot Ambon Sabet Sejumlah Penghargaan

 2,159 kali dilihat 2,159 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pengendalian…

BPJS Kesehatan Sorong Lakukan Canvassing Via Telepon

 2,629 kali dilihat 2,629 kali dilihat Sorong, TN – Sejak diterapkan imbauan dari pemerintah untuk masyarakat…

Sekda Sulsel Apresiasi Pengawasan BPK

 2,581 kali dilihat 2,581 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul…

Tukang Ojek di Teminabuan Minta Pemda Sorsel Segera Tetapkan Tarif Ojek

 7,253 kali dilihat 7,253 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN- Ikatan Ojek Sorong Selatan (IOSS) minta Pemda Sorong…

Astaga! Tingkat Konfirmasi Covid-19 Pada Usia Produktif di Ambon Tinggi

 2,607 kali dilihat 2,607 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Warga Kota Ambon yang berada dalam rentang…