Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti mengukuhkan Bakti Artanta, sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Maluku, yang berlangsung di Ballroom Hotel Santika Premiere, Ambon, Jumat (10/6/2022). Foto-Ist/TN

 1,525 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti mengukuhkan Bakti Artanta, sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Maluku menggantikan Norviarso Manullang, yang beralih tugas menjabat Kepala KPw BI Provinsi Jawa Tengah.

Pengukuhan ditandai dengan penyerahan petikan Surat Keputusan (SK) Gubernur BI kepada pejabat baru, dan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pejabat yang lama Norviarso Manullang.

Acara pengukuhan berlangsung di Ballroom Hotel Santika Premiere, Ambon, Jumat (10/6/2022), dan dihadiri Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, dan unsur Forkopimda, sejumlah Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, serta jajaran BI Maluku.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj. Sekda Maluku, Sadali Ie menyampaikan, ucapan selamat kepada Bakti Artanta selaku Kepala KPw BI Maluku yang baru.

”Semoga amanah atas kepercayaan yang telah diberikan oleh negara, dapat dijalankan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” harap dia.

Menurut Gubernur Murad, pergantian atau pengalihan tugas dalam suatu organisasi modern, seperti Bank Indonesia adalah suatu keniscayaan yang merupakan tugas pokok dan fungsi organisasi.

Pengalihan tugas, kata Gubernur Murad, menjadi media untuk semakin memantapkan gerak langkah dunia perbankan dan aktivitas ekonomi masyarakat pada suatu daerah, khususnya di Provinsi Maluku.

Ia pun mengapresiasi proses alih tugas dan jabatan ini, sebagai bagian dari panggilan tugas dan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara, terutama dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Sehubungan dengan pengukuhan ini, Gubernur Murad pun menyampaikan beberapa pesan dan harapannya dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku.

Pertama, BI merupakan salah satu instansi yang memiliki peran penting, dalam mendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di daerah, sehingga Pemprov Maluku siap untuk bersinergi dan berkoordinasi dengan BI Perwakilan Maluku guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku.

Kedua, berbagai upaya bersama terus dilakukan antara Pemerintah Daerah Maluku dan Bank Indonesia Perwakilan Maluku, dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Dengan adanya senjata digitalisasi sebagai alat pembangkit perekonomian, diharapkan akan ada berbagai inovasi dan kreativitas baru yang dapat mengenjot roda perekonomian mendatang, khususnya dari sisi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini,” ujar Gubernur Murad.

Ketiga, dia berharap, BI Maluku dapat memainkan peran bagi pengembangan UMKM di Provinsi Maluku. UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian daerah, karena turut memberikan sumbangan signifikan bagi penyerapan tenaga kerja.

“UMKM selama ini dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi, sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian daerah,” ungkapnya.

Keempat, kehadiran lembaga Perwakilan BI Provinsi Maluku, telah memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan perekonomian daerah, serta menjadi mitra pemerintah daerah dalam pertumbuhan ekonomi.

“Untuk itu, saya berharap, kemitraan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Maluku, dengan perwakilan BI Maluku yang sudah terjalin dengan baik selama ini, agar lebih dioptimalkan lagi,” harap Gubernur Murad.

Pemerintah Daerah, lanjut Gubernur menyampaikan, terima kasih, dan penghargaan yang tulus, kepada bapak Noviarsono Manullang, atas pengabdiannya selama ini, dan juga kepada istri dan keluarga, yang selalu setia mendampingi, dan memberikan dukungan selama bertugas di Provinsi Maluku.

“Semoga tugas yang dipercayakan kepada bapak pada jabatan yang baru, dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses. Dan kepada bapak Bakti Artanta, selaku Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku yang baru beserta keluarga, saya mengucapkan selamat datang, dan selamat mengabdi di bumi raja-raja,” tandas Gubernur Murad.

Berita lain untuk anda

Miangas Terancam Kerawanan Pangan

 462 total views (dibaca)  462 total views (dibaca) Talaud, TN – Dampak Covid-19 di seluruh Indonesia cukup…

Pemprov Sulsel Komitmen Bangun Luwu Raya

 442 total views (dibaca)  442 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman…

DPRD Anggap Pemkot Ternate Terburu-buru Resmikan Rumah Sakit Kota

 439 total views (dibaca)  439 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sejumlah persyaratan belum terpenuhi, namun Pemerintah…

Gubernur Papua Barat Bagikan Paket Bama di Kampung Sembab Manokwari

 460 total views (dibaca)  460 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Guberbur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, membagikan…

Mendagri Hiking ke Dusun Siwang

 418 total views (dibaca)  418 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Usai melaksanakan serangkaian kunjungan kerja bersama…

Wagub: Saya Minta Masyarakat Sulsel Patuhi Imbauan MUI

 455 total views (dibaca)  455 total views (dibaca) Makassar, TN – Merebaknya virus Corona atau Covid-19 di…

Pemkot Sorong Umumkan Hasil CPNS Formasi 2018

 439 total views (dibaca)  439 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong akhirnya mengumumkan, hasil…

Ratusan Miliar Dialokasikan Kementerian PUPR untuk Jalan Perbatasan di Kaltara

 397 total views (dibaca)  397 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian…

Soal Pembayaran Jasa Covid-19, Kadinkes Maluku Diminta Tak Menyalahkan Orang Lain

 718 total views (dibaca)  718 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku,…

Tidak Hadiri Rapat, Raja Soya Dianggap Lecehkan DPRD

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Kota Ambon menganggap Raja Soya,…