Penandatanganan piagam WBK dan WBBM. Foto-Getty/TN

 769 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI bersama Pemkab Merauke melakukan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Merauke.

Pencanangan ditandai dengan penandatanganan piagam pencanangan WBK dan WBBM oleh Kepala BKN RI Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Sekda Merauke Ruslan Ramli, Kepala BKSDM Merauke Urbanus Kaize dan Inspektur Merauke Sabar Gattang di Auditorium Kantor Bupati.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan pencanagan ini dilakukan agar segebap ASN terhidnar dari korupsi. Saat ini, kata Romanus, pengelolaan manajemen keuangan dan administrasi pengelolaan keuangan di Pemkab Merauke sudah cukup baik.

“Untuk Merauke saya ikuti perkembangan cukup baik. Aparatur kita juga intens dan sampai hari ini masih akuntabel bahkan sudah 7 kali menerima pengakuan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPKP. Dengan WTP ini sebagai dorongan untuk kita lakukan pelayan lebih baik. Tetapi kalau masih ditemukan di lapangan, maka harus dievaluasi total kepada pihak terkait,” ujarnya.

Kepala BKN RI, Bima Haria Wibisana menyampaikan, titik tujuan yang paling ujung dari pekerjaan birokrasi adalah melakukan pelayanan yang baik, dan kualtias pelayanan yang bermutu. Variabelnya adalah peningkatan kompetensi, proses bisnis, masalah infrastruktur dan lainnya.

“Kenapa dicanangakan hari ini, BKN itu harus bersih. Integritas adalah suatu sikap melayani sebaik mungkin dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga komitmen pelayanan yang baik. Integritas artinya komplit atau tuntas melayani,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada kaitan antara latar belakang pendidikan dengan keinginan untuk maju. Semua orang bisa untuk meningkatkan kompetensi, salah satunya memgambil bahan dari internet untuk meningkatkan kompetensi diri melalui Handphone karena di dalam genggaman (hanphone) itu ada semua informasi dunia. Kepala BKN mengajak para ASN Merauke selalu meningkatkan kompetensi digital. Sebab, ke depan tidak ada lagi pekerjaan manual.

Disampaikan, zona, adalah wilayah, ruang, waktu dan karakter. “Saya lebih melihat zona itu di manusianya, di manapun dia berada zona integritas ini berlaku. Penandatanganan WBK dan WBBM ini supaya ada keterlibatan ada kepemilikan untuk melayani. Mudah-mudahan pencanangan zona integritas hari ini bisa menular ke unit-unit yang lain sehingga masyarakat di Kabupaten Merauke akan mendapatkan pelayanan terbaik, karena mereka berhak dapat pelayanan terbaik,” pungkasnya.

Berita lain untuk anda

Sebuah Bengkel Di KM. 9 Ludes Terbakar, Kemacetan Tak Terhindarkan

 779 total views (dibaca)  779 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebuah bengkel dan lapak bensin eceran…

Reses Anggota DPR RI, Ini Permintaan Gapoktan OAP Merauke

 757 total views (dibaca)  757 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Orang Asli…

Pemprov Sulsel Jadikan Vaksin Sebagai Syarat Pencairan TPP

 1,311 total views (dibaca)  1,311 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi…

Putera Terbaik Maybrat, Brigjen Pol.Johnny Eddizon Isir Jabat Wakapolda Sulut

 759 total views (dibaca)  759 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, SORONG- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada…

Anggota DPRD Maybrat Ini Bantah Pemberitaan Media bahwa Frenky Nauw Menyerang Posramil Mare

 2,126 total views (dibaca)  2,126 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Yonas Yewen., A. Md. Tek., anggota DPRD…

12 April 2022 Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Akhiri Massa Jabatan

 877 total views (dibaca)  877 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Mengakhiri masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua…

Bermuatan Ratusan Kubik Kayu, Kapal Darlin Isabel Tabrak Karang Dofior

 861 total views (dibaca)  861 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebuah kapal Kargo yang memuat ratusan…

Rugikan Negara Rp16 T Lebih : Kasus Megakorupsi PT Jiwasraya Segera Disidangkan

 684 total views (dibaca)  684 total views (dibaca) Jakarta, TN – Kasus megakorupsi yang merugikan keuangan negara…

Satu Pasien Positif C-19 Papua Meninggal Dunia

 783 total views (dibaca)  783 total views (dibaca) Jayapura, TN – Satu pasien positif C-19 dikabarkan meninggal…

Diduga Cemburu, Ratusan Warga Binaan Berupaya Kabur Dari Lapas Sorong

 698 total views (dibaca)  698 total views (dibaca) Sorong, TN – Ratusan personel aparat TNI/Polri bersenjata lengkap…