Bupati Kaimana, Fredy Thie, meletakan batu pertama atau batu penjuru gedung gereja GPI Ebenhezer Esania Kuna. Foto istimewa.

 723 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Bupati Kaimana, Fredy Thie, meletakan batu pertama atau batu penjuru gedung gereja GPI Ebenhezer Esania Kuna distrik Buruway pada Senin (31/6/2021).

Kampung yang tidak lasim bagi bupati Fredy Thie dan kekuarga besarnya ini membawa kenangan yang mengharukan. Dimana kampung Esania adalah salah satu kampung yang dulunya kakek dan neneknya tinggal menyatu dengan masyarakat di kampung itu.

Bupati Fredy Thie yang merasa kampung itu pernah berjasa bagi keluarga besarnya yang adalah keturunan Tionghoa itu, akan berupaya membangun kampung itu secara fisik maupun sumber daya manusianya.

“Sejak diminta kesedian saya pada peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja GPI Jemaat Ebenhezer Esania Kuna, oleh ketua panitia dan bapak pendeta, walaupun cuacanya ombak dan tidak bersahabat, kenapa saya bersedia, karena kampung ini, bagi keluarga saya, tete dan Nenek saya, ini bukan kampung yang baru, waktu perang Jepang kurang lebih Tahun 40 an, tete dan Nene saya tinggal disini, bahkan om saya yang nomor 6 namanya Kuna, karena lahir di sini(Esania Kuna-red), makanya om saya dikasi nama Ongko Kuna” ujar Bupati Fredy Thie, mengawali sambutanya pada peletakan batu pertama Gedung Gereja ke lima GPI Papua Kaimana Jemaat Ebenhezer Esania Kuna Senin (31/5/2021).

Sebagai anak cucu dari ence Goa (tete dari bupati Kaimana Fredy Thie-red) akan punya kerinduan juga melihat kampung ini.

” Apa yang sudah dilakukan oleh orang tua kita yang sudah baik, sebagai anak tentunya juga akan berbuat yang lebih baik pula, sehingga dirinya berharap agar pembangunan gedung gereja ini dapat berjalan cepat dan lancar, untuk selanjutnya dapat dipergunakan untuk peribadatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa,” terangnya.

Pada kesempatan itu, sebagai cucu dari Ongko Goa yang sejak tahun 40 telah berada di Kampung dimaksud, secara spontan bupati juga menegaskan, siap membantu sedikit anggaran untuk pembangunan gereja di kampung Esania yang dianggarkan melalui APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 200 juta.

“Untuk secepatnya panitia membuat proposal, memasukannya ke pemerintah daerah, sehingga saya selaku bupati akan membantu dana sedikit, tetapi bukan hari ini, akan dimasukan pada APBD Perubahan Tahun anggaran 2021, karena Tahun ini tidak seperti Tahun sebelumnya yang kebijakan bupati bisa langsung, tetapi anggaran hiba pemerintah untuk tempat tempat ibadah baik muslim maupun Nasrani harus di masukan terlebih dahulu, disetujui dalam paripurna ditetapkan baru dapat dicairkan,” tandasnya.

Berita lain untuk anda

KPU Merauke Selenggarakan Rakor Pengaktifan Kembali PPD dan Perekrutan PPDP

 677 total views (dibaca)  677 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – KPUD Merauke selenggarakan rapat koordinasi pengaktifan…

Anggota DPRD Maybrat Ini Bantah Pemberitaan Media bahwa Frenky Nauw Menyerang Posramil Mare

 2,119 total views (dibaca)  2,119 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Yonas Yewen., A. Md. Tek., anggota DPRD…

BPJS Ketenagakerjaan dan Pos Indonesia Launching Kerjasama

 675 total views (dibaca)  675 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Launching kanal daftar dan bayar iuran…

Di Merauke, Lockdown Diganti Dengan Pembatasan Penumpang dan Wilayah

 688 total views (dibaca)  688 total views (dibaca) Merauke, TN – Bupati Merauke. Frederikus Gebze mengumumkan, istilah…

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Mengambang di Perairan Hutan Mangorve

 613 total views (dibaca)  613 total views (dibaca) Sorong, TN – Sesosok mayat pria tanpa identitas ditemukan…

Sosialisasi Metode Pemberkasan BPHTB Tahun 2021 Digelar Bapenda Kendari

 751 total views (dibaca)  751 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari…

Mortir Aktif Ditemukan Petugas Kebersihan Merauke

 2,465 total views (dibaca)  2,465 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Satu buah mortir aktif berukuran panjang…

Meningkat Drastis, DAP : Pemkot Sorong Karantina ODP

 699 total views (dibaca)  699 total views (dibaca) Sorong,TN- Wabah virus corona disease (COVID-19) sangat berbahaya bahkan…

RKD Merauke Manjakan Pelanggan di Bulan Ramadhan 1442 H

 765 total views (dibaca)  765 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rumah Kopi D-Waroeng (RKD) Merauke menawarkan…

Walikota Harap Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Terus Bertambah

 669 total views (dibaca)  669 total views (dibaca) Ambon, TN – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy berharap,…