Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Foto-Ist/TN

 10,838 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menegaskan, masalah kemiskinan ekstrim dan stunting, saat ini menjadi perhatian utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

“Karena kedua hal ini, baik stunting dan kemiskinan ekstrem menjadi arahan Bapak Presiden kita,” sebut Andi Sudirman kepada wartawan, di Makassar, Rabu (25/1/2023).

Selanjutnya kata dia, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat rapat koordinasi (rakor) Pengendalian Inflasi Daerah meminta pemerintah daerah (pemda), untuk segera menyelesaikan dua masalah besar investasi, yakni Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBGD).

Mendagri juga, lanjut Andi Sudirman, meminta agar pemda memaksimalkan pengelolaan keuangan daerah dengan membangun dana abadi, dan pastikan APBD dibelanjakan untuk produk produk buatan dalam negeri.

“Jadi tahun ini infrastruktur sudah bisa E-katalog lokal. Termasuk untuk irigasi dan pertanian,” sebut Andi Sudirman.

Keenam susun rencana induk master plan penataan kota, dan juga penekanan visi-misi yang dapat menunjukkan keunggulan dan keunikan dari setiap daerah.

Serta dua poin lainnya, yang ke tujuh yaitu menjaga stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2024, serta ke delapan jaminan kebebasan beragama.

Adapun Sulsel secara tahunan, menurut Andi Sudirman, inflasi Sulsel pada Desember 2022 tekanan inflasi melemah, tercatat sebesar Rp 5,77 persen (y-on-y), lebih rendah dari inflasi November 2022 (6,00 persen y-on-y)

Upaya yang yang dilaksanakan melalui TPID Provinsi Sulsel dengan program kerjasama dengan toko ritel, untuk memperpendek jalur distribusi, Program Benih Mandiri, pengadaan gabah/beras untuk penguatan cadangan beras pemerintah (CBP), pasar murah/gelar pangan murah dan operasi pasar dan pengembanan pertanian keluarga.

Adapun program penanganan dampak inflasi di Sulsel tahun 2022 yaitu, untuk bantuan sosial Rp 2 miliar, penciptaan lapangan kerja Rp 10,5 miliar dan Subsisi Transfortasi Umum Rp 2,5 miliar.

“Berbagai upaya yang dilakukan bersama pemerintah pusat, termasuk dengan forkopimda, pemerintah daerah dan stakeholder lainnya, merupakan upaya kita mengantisipasi dampak inflasi yang menjadi tantangan Indonesia dan dunia saat ini,” pungkas Andi Sudirman.

Berita lain untuk anda

Danlantamal Panen Raya Padi di Lahan Ketahanan Pangan Lantamal XI Merauke

 2,877 kali dilihat 2,877 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,MERAUKE – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI, Brigjen…

Tuntut Kadis Kesehatan Dicopot, Lima Puskesmas di Keerom Tutup Total Pelayanan

 2,582 kali dilihat 2,582 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KEEROM – Lima Puskesmas di wilayah Kabupaten Keerom, Papua,…

Kembali ke Barak, Brimob BKO Polda Bali Terkesan Toleransi di Teluk Bintuni

 2,609 kali dilihat 2,609 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Setelah menuntaskan tugas pengamanan tahapan Pemilukada serentak…

Bamsoet Bantu Sembako Dan Makanan Satwa ke Bazoga

 2,775 kali dilihat 2,775 kali dilihat Bandung, TN – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan…

Brimob Maluku Dukung Belajar Siswa Lewat Program BRAIN

 2,727 kali dilihat 2,727 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Perubahan dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19…

Petani Usaha Hortikultura di Merauke Ikuti Bimtek Program Aspirasi

 3,211 kali dilihat 3,211 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Direktorat Pengolahan, Pemasaran Hasil Holtikultura Kementan RI…

RJK Ringankan Beban Belajar Mahasiswa Poltek Saint Paul Sorong Lewat Beasiswa KIP dan PIP

 5,573 kali dilihat 5,573 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Robert Joppy Kardinal (RJK) melalui aspirasinya sebagai Anggota…

Jelang Natal dan Tahun Baru, TP PKK Gelar Pelatihan Merias Wajah dan Membuat Kue

 2,723 kali dilihat 2,723 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Momen menjelang datangnya perayaan Natal dan Tahun…

Ini Strategi Disnak Sulsel Lawan PMK

 2,995 kali dilihat 2,995 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang…

KPU PBD Gugurkan Satu Bacalon DPD RI

 11,728 kali dilihat 11,728 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya…