Sosialisasi Undang-Undang Ekonomi Kreatif dengan mengahdirkan narasumber dari Kemenparekraf, Komisi X DPR RI, dan dinas Pariwisata kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

 1,846 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komisi X DPR RI bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar sosialisasi Undang-Undang Ekonomi kreatif, Rabu (10/8/2022) di Hotel Rylich Panorama dengan melibatkan para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM yang ada di kota Sorong.

Kegiatan tersebut merupakan asiprasi dari Anggota Komisi X DPR RI Dapil Papua Barat, Robert Joppy kardinal yang memiliki mitra kerja dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Koordinator Sinkronisasi Regulasi Pusat dan Daerah pada Kemenparekraf, Frank Orlando menyebutkan bahwa kota Sorong memiliki keunggulan pada subsektor kuliner dan fashion.

Menurutnya, kuliner masih menjadi andalan pada ekonomi kEratif. Di mana kota Sorong memiliki produk kuliner khas yang jarang dijumpai di kota-kota lain, seperti keripik keladi, aneka olahan sagu, olahan seafoodnya.

Tak hanya kuliner, subsektor fashion kota Sorong juga dinilai ikonik seperti batik Papua, T-Shirt, dan aksesoris khas Papua.

“Hal ini tentunya akan menjadi ikonik, bagaimana nanti orang ketika melihat produk ini mengenal bahwa produk ini merupakan hasil dari putra-putri dari Sorong,”ujarnya.

Untuk itu, ia mendorong agar kota Sorong menetapkan subsektor tersebut untuk dapat menjadi unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Di samping itu, Ia berharap sosialisasi undang-undang ekonomi kreatif seperti ini akan terus dilakukan hingga terbentuk suatu kolaborasi antara pemerintah pusat , pemerintah daerah maupun dengan pelaku-pelaku ekonomi kreatif.

“Sehingga nanti pada waktu pelaksanaan program ataupun pelaksanaan dari undang-undang ekonomi kreatif ini bisa saling bersinergi, dan tentunya kita semua pasti akan memberikan apa yang terbaik, baik itu dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun dari para pelaku Ekraf,”jelasnya.

Ricky Yafet selaku staff Robert Kardinal mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah Kemenparekraf yang telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Undang-undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif ini.

Dikatakannya, undang-undang Ekraf ini merupakan perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia, yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Ia berharap semua potensi ekonomi kreatif di Papua Barat, khususnya di kota sorong dan sekitarnya dapat terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman di era modernisasi ini, dengan cara terus berinovasi dengan ide-ide dan kreatifitas yang tinggi hingga mampu menghasilkan produk-produk dengan nilai tambah dan nilai ekonomis yang tinggi pula.

“Bangun kreatifitas produk yang berdasarkan kearifan lokal mulai dari produksi, packaging (pengemasan), hingga pemasaran. Hingga pada akhirnya para pelaku ekonomi kreatif dan seluruh pihak yang terlibat dapat saling bersinergi untuk memajukan dunia ekonomi kreatif di sorong raya ini,”tutupnya.

Berita lain untuk anda

DPS Teluk Bintuni Ditetapkan Sebanyak 42.144 Orang Tanpa Kehadiran Tim Bapaslon AYO

 1,023 total views (dibaca)  1,023 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – KPUD Kabupaten Teluk Bintuni telah…

Penyalahgunaan Lem Eha-bond di Kalangan Remaja jadi Perhatian Pemkot Ternate

 1,046 total views (dibaca)  1,046 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Maraknya penyalahgunaan lem Eha-bond di kalangan…

Reses Ditengah Covid-19, Anggota DPR PB Ini Bagi-Bagi Bama

 949 total views (dibaca)  949 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG-Ditengah pandemi Covid-19 ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat…

Ribuan Balita di Merauke Menderita Stunting

 3,339 total views (dibaca)  3,339 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Papua mencatat…

Tujuh Pasien Covid-19 di Sidrap Sembuh, Ini Kata Gubernur

 1,094 total views (dibaca)  1,094 total views (dibaca) Sidrap, TN – Tujuh pasien yang positif terpapar Virus…

Peduli COVID-19, Noken Solutions Community Bagi-bagi Sembako di Kauman

 1,015 total views (dibaca)  1,015 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, YOGYAKARTA- Masa pandemi Covid-19 menimbulkan banyak kesulitan ekonomi…

Maluku Masuk 26 Daerah Waspada Banjir

 1,027 total views (dibaca)  1,027 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wilayah Maluku masuk dalam 26 daerah…

Gubernur Sulsel Serahkan Benih Gratis Unggul di 23 Tahun Luwu Utara

 3,503 total views (dibaca)  3,503 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman…

Naas! Tiga “Pemain Baru” Curanmor di Merauke Berhasil Diringkus Tim Rajawali

 963 total views (dibaca)  963 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tiga pelaku yang merupakan “pemain baru”…

Sanusi Rahaningmas Sesalkan Double O Tetap Buka Pasca Rusuh

 1,040 total views (dibaca)  1,040 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Anggota DPD RI, Sanusi Rahaningmas menyayangkan…