Berita

Kemendes PDTT Tawarkan 4 Pokok Pemikiran Program ke UNDP

×

Kemendes PDTT Tawarkan 4 Pokok Pemikiran Program ke UNDP

Sebarkan artikel ini
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto : Ist.

Jakarta, TN – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar didampingi Sekretaris Jenderal Anwar Sanusi dan para Dirjen berikut Jajaran eselon 1 melakukan rapat secara virtual dengan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia di ruang rapat menteri di Kantor Kementerian Desa PDTT di Jalan TMP Kalibata, Kamis (14/05).

1479
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rapat virtual tersebut dilakukan untuk membahas lebih dalam terkait rencana kerja sama dalam bentuk Nota Kesepahaman (Memory of Understanding/MoU) yang akan dijalin antara Kemendes PDTT dengan UNDP Indonesia.

Ada empat pokok utama yang ditawarkan UNDP kepada Kemendes PDTT dalam rapat ini, yang pertama adalah penanggulangan virus Corona (C-19) di tingkat perdesaan, khususnya dengan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Kedua, penyelarasan kerangka monitoring dan evaluasi di tingkat desa, Index Desa Membangun (IDM) dan di tingkat Kawasan Perdesaan dengan target dan indikator Sutainable Development Goals (SDGs)

Pokok pembahasan selanjutanya adalah Pengunaan Social Innovation Platform, satu pendekatan partisipatori yang comprehensive dengan memakai system thinking dalam upaya pengembangan sosial ekonomi Kawasan Perdesaan, termasuk dampak C-19.

Pembahasan yang terakhir adalah Penguatan komunikasi dan promosi serta ‘knowledge sharing’ dari praktik-praktik keberhasilan Kemendes PDTT di tingkat nasional, regional (ASEAN atau Asia Pacific) dan Global, untuk percepatan capaian SDGs di Indonesia dan kontribusi ke tingkat global.

Abdul Halim Iskandar atau yang sering disapa Gus Menteri ini mengapresiasi tawaran-tawaran dari UNDP dalam pembangunan perdesaan.

“Saya berterima kasih dan sangat gembira ketika kita berdiskusi lalu ada kesamaan sudut pandang, kesamaan persepsi dalam membangun desa-desa di Indonesia untuk menuju desa yang tidak desani,” ujar Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini

Desa yang tidak desani, lanjut Gus Menteri, adalah desa yang berwawasan global, tapi tetap bertumpu pada akar kebudayaan.

“Pembangunan di Indonesia tidak boleh tercerabut dari akar budaya. Pembangunan di desa tidak boleh lepas dari dua hal, pembangunan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi. Makanya dalam paradigma pembangunan desa, harus betul-betul bertumpu pada akar budaya,” ungkap Gus Menteri

Oleh karena itu, Gus Menteri menambahkan, apa yang sudah menjadi pembicaraan kita. Sekiranya agar dilakukan percepatan-percepatan di dalam kesepahaman dan kemudian realisasi dan tindak lanjut program. Karena memang situasinya sudah sangat membutuhkan untuk action.

“Saya pikir semakin cepat akan semakin baik, supaya kita bisa langsung action. Agar kita segera action, maka ada beberapa hal yang harus disepakati. Saya sepakat, semakin cepat semakin baik,” pungkas mantan Ketua DPRD Jombang ini.

Sebagai informasi, dalam rapat ini, UNDP Indonesia diwakili langsung oleh Christophe Bahuet (Resident Representative UNDP Indonesia), Sophie Kemkhadze (Deputy Resident Representative UNDP Indonesia), Juliaty Sopacua (Technical Advisor SDGs), Siprianus Bate Soro (Head of Democratic Governance and Poverty Reduction Unit), Christian Budi Usfinit (Team Leader of Resilience and Reconstruction Unit), Teuku Rachmatsyah (Head of Quality Assurance and Results Unit), Suryo Utomo Tomi (Head of Communication Unit), Sandy Angga Hikmata, (SDGs Team Support), Pramudita Lestari (Executive Assistant), Wiryawan Nimpuno (Interpreter).