Kelompok Tani di Kendari Diberi Bantuan Pupuk

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, menyerahkan bantuan pupuk hayati cair (Bio Konversi), dan bibit kelapa genjah pada kelompok tani (poktan) di Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Senin (21/22/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, menyerahkan bantuan pupuk hayati cair (Bio Konversi), dan bibit kelapa genjah pada kelompok tani (poktan) di Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Senin (21/22/2020).

Bantuan yang diberikan berupa pupuk hayati cair sebanyak 1.560 liter, dan bibit Kelapa Genjah sebanyak 380 pohon diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani.

Bantuan pupuk hayati cair dan bibit kelapa genjah bertujuan untuk meningkatkan produksi, dan produktivitas pertanian organik di Kota Kendari.

Wali Kota mengatakan, kedaulatan pangan harus dimulai secara bertahap dengan meningkatkan nilai tambah usaha pertanian, sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat.

Wali Kota Kendari juga mengungkapkan, salah satu manfaat pupuk hayati cair untuk mengembalikan kesuburan tanah, dengan memperbaiki kondisi biologi, fisik dan kimia tanah dengan memperhatikan lingkungan.

“Hal ini sejalan dengan visi misi Kota Kendari, yaitu mewujudkan Kota Kendari Layak Huni Berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima Teropongnews.com.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Hj. ST. Ganef mengatakan, kelompok tani di Kecamatan Poasia berjumlah 42 poktan, dan jumlah KK tani sebanyak 630.

“Kelompok Tani Kecamatan Poasia menerima bantuan pupuk cair, untuk luas lahan 120 ha, dan bantuan bibit kelapa genjah serta pupuk organik padat sebanyak 4.750 kg,” tuturnya.

Kecamatan Poasia memiliki luas wilayah 37,74 km2, luas potensi lahan pertanian sebesar 337,5 ha, luas lahan yang terolah untuk tanaman hortikultura (sayuran) 26,5 ha, hortikultura (buah-buahan) 37,5 ha dan untuk luas lahan pertanian pangan 161.25 ha.