kegiatan Advokasi Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD-PPA), di Hotel Vega Kota Sorong.(Foto:Ist/TN)

 2,645 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempua dan Anak (Simfoni PPA), tertera pada 1 januari hingga 30 oktober tahun 2021, di Indonesia, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan 14.442 kasus. Sementara jumlah kasus kekerasan terhadap anak 3.690 kasus.

Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M yang diwakili Sekda Kota Sorong mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dan anak telah menjadi perhatian hampir seluruh negara, tak terkecuali indonesia.

“Di Papua Barat, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan sebanyak 46 kasus. Jumlah kasus kekerasan terhadap anak perempuan sebanyak 136 kasus, dan jumlah kasus kekerasan terhadap anak laki-laki sebanyak 36 kasus. Data tersebut merupakan jumlah kasus kekerasan yang dilaporkan dan ditangani oleh lembaga layanan.” kata Sekda saat membuka kegiatan Advokasi Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD-PPA), Rabu (24/11/2021) di Hotel Vega Kota Sorong.

Dijelaskannya, hal tersebut terjadi karena pengaruh budaya patriarki yang menempatkan perempuan pada posisi sosial yang lebih rendah dari laki-laki, serta lebih mengedepankan perempuan dalam peran domestik yang dianggap sebagai bagian dari kodrat perempuan, sehingga secara tidak langsung telah berdampak pada timpangnya relasi kuasa antara perempuan dan laki-laki di rumah, lingkungan kerja, maupun masyarakat.

“Hal ini seringkali berujung pada terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ucap Sekda.

Harapannya, seluruh kabupaten/kota dapat segera mempercepat pembentukan UPTD-PPA, agar tugas dalam memberikan layanan bagi perempuan dan anak yang mengalami kekerasan, diskriminasi dan perlindungan khusus, berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Berita lain untuk anda

Juli 2021, Ekspor Maluku Sebesar US$ 21,70 Juta

 2,898 kali dilihat 2,898 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ekspor Maluku bulan Juli 2021 mencapai US$…

Ini Penjelasan Dirut RS Labuang Baji Soal Massa Ambil Jenazah Pasien Covid-19

 2,811 kali dilihat 2,811 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Direktur Utama Rumah Sakit Labuang Baji, Mappatoba…

Wali Kota Sorong Lakukan Reshuffle di “Garis Finish” Jabatannya

 3,957 kali dilihat 3,957 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG-Hari ini Senin 22 Agustus 2022 merupakan hari terakhir Lambert…

Wakil Bupati Raja Ampat : ASN Wajib Vaksin, yang tidak Divaksin tidak Terima ULP

 2,870 kali dilihat 2,870 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Persoalan percepatan vaksinasi di kabupaten Raja Ampat…

DPRD Maybrat Gelar Sosialisasi Penanganan Covid-19 di Yumasssesss Raya

 2,597 kali dilihat 2,597 kali dilihat Maybrat, TN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat…

Warga Perantau di Malut Dihimbau Tak Mudik

 2,701 kali dilihat 2,701 kali dilihat Ternate, TN – Menjelang perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441…

Wamendag: Aplikasi Ambon Access Upaya Wujudkan Digitalisasi Pasar

 2,654 kali dilihat 2,654 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Dr. Jerry Sambuaga…

Besok, Perkumpulan Sopir Truk Kota Sorong Bakal Demo Kelangkaan BBM

 2,130 kali dilihat 2,130 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Perkumpulan supir truk dan mobil Hilux Kota…

DPRD Maybrat Bahas APBD 2023

 11,303 kali dilihat 11,303 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – DPRD Kabupaten Maybrat menggelar rapat pembahasan dan…

Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Festival Paduan Suara Nasional

 1,827 kali dilihat 1,827 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah…