Berita

Kegiatan Peduli Sosial dan Lingkungan Warnai Bulan Mutu BKIPM Tahun 2021

×

Kegiatan Peduli Sosial dan Lingkungan Warnai Bulan Mutu BKIPM Tahun 2021

Sebarkan artikel ini
Penyerahan cinderamata dari Kepala SKIPM Merauke kepada Anggota DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah. Foto-Getty/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Launching BKIPM Peduli Sosial dalam rangkaian Bulan Mutu Stasiun KIPM Merauke Tahun 2021 dengan tema Edukasi dan Penyerahan Ikan Sehat Bermutu, dilaksanakan di Stasiun KIPM Merauke, Kamis (29/04).

1375
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kali ini, kegiatan Bulan Mutu BKIPM Tahun 2021 bertema Indonesia Satu Ekspor. Tujuan Pelaksanaan BKIPM Peduli Sosial adalah mensosialisaikan fungsi dan peran Stasiun KIPM Merauke kepada masyarakat luas, dan empengaruhi pola pikir dan pola perilaku masyarakat, para pelaku usaha perikanan dan pemerintah daerah serta instansi terkait dalam hal perkarantinaaan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan dalam kondisi New Normal.

Pada kesempatan ini Stasiun KIPM Merauke turut berpartisipasi dengan adanya ekspor perdana yang dilakukan serentak seluruh UPT BKIPM seluruh Indonesia pada tanggal 12 sd 17 April 2021. Komoditi yang diekspor berupa kepiting bakau dengan tujuan Singapura dan Hongkong dengan jumlah 3.905 ekor dengan nilai indeks rupiah sebesar 117 juta melalui bandara Mopah Merauke.

“Kegiatan Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2021 meliputi pelaksanaan BKIPM Peduli sosial tahun 2021 dirangkai dengan kegiatan pembagian ikan kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini dengan menggunakan jasa Pras Even Organizer edukasi ikan sehat bermutu dengan jumlah paket sebanyak 500 paket yang terdiri dari : ikan beku, (baby tuna dan layang), bahan olahan : bakso ikan, empek-empek, nauget, pilus, ikan kaleng dengan bobot per paket 3,5 Kg,” ucap Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM, Teguh Samudro di SKIPM Merauke.

Kelompok penerima paket adalah masyarakat asli Papua, difabel, janda dan duda, pengurus mesjid dan gereja dan anak yatim piatu yang ada di Merauke. Teguh Samudro mengatakan, Bulan Mutu akan berlangsung selama tiga bulan setelah dilaunching pada 14 April di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta, untuk seluruh wilayah Indonesia. Bantuan sosial ini ditujukan untuk membantu peningkatan imun tubuh masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

“Kita harapkan dengan mengkonsumsi produk perikanan dapat meningkatkan imun tubuh sehingga bisa lebih tangguh terhadap ancaman virus,” pungkasnya.

Hasil olahan ikan ini diambil dari pelaku usaha perikanan dengan harapan terjadi perputaran ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Kami juga ada kegiatan BKIPM Peduli Lingkungan. Kegiatan ini akan kami laksanakan dua lokasi, yaitu lokasi pertama kami akan melakukan kerja bakti bersama di area pasar PLBN Sota, tanggal 30 April 2021. Lokasi kedua akan dilakanakan bulan Mei 2021 di aera Pasar Wamanggu,” sambung Kepala DKIPM Merauke, Nikmatul Rocmah.

Ada pula kegiatan BKIPM Peduli Pelayanan Publik, yakni kegiatan ini akan dilaksankan selama sepekan dengan melakukan pelayanan kepada masyarakat baik di bandara, pelabuhan laut dan perbatasan dengan tema Indonesia Satu.

“Dalam sepekan nanti, akan kami lakukan pelayanan dengan menyajikan makanan khas Papuan khususnya dan makan has dari daerah lain. Kemuadian, kami akan melakukan pelayanan dengan menggunakan baju adat dari berbagai daerah,” ucap Nikmatul.

Mewakili Pemkab Merauke, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan mengapresiasi program BKIPM dan SKPM, yang tujuannya tidak lain hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia harapkan pembagian paket produksi perikanan menyasar juga kepada masyarakat yang ada di kampung-kampung.

Tidak ketinggalan, Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah, juga hadir dalam kesempatan yang sama, turut memberi dukungan dalam program Bulan Mutu di daerah pilihannya di Papua.

H. Sulaeman mengatakan, program ini kerjasama kementrian KKP dengan Komisi IV DPR RI. Sehingga, sebagai legislator Dapil Papua Fraksi NasDem, Ia akan terus mendukung setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Ia berharap, di masa jabatan Bupati dan Wabup Merauke Romanus Mbaraka-H. Riduwan bisa membuat lompatan lebih besar untuk pembangunan di Merauke.
Terkhusus, peningkatan jumlah ekspor komoditi keluar negeri.

“Kita ingin dari Papua ini, ada komoditi unggulan yang spesifik dari Merauke. Baik kelautan dan perikanan, pertanian, perkebunan yang nanti berdampak pada pendapatan asli daerah,” pungkas H. Sulaeman.

Usai itu, dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari BKIPM kepada Wabup Merauke, Anggota DPR RI, Ketua DPRD Merauke, penandatanganan berita acara paket bantuan ikan, penyerahan bantuan secara simbolis kepada 10 perwakilan masyarakat, serta pelepasan mobil termoking bantuan paket ikan sehat dan mutu dalam rangkaian Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2021.