Kawasan Rammang-Rammang di Maros Bakal Direvitalisasi

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menyampaikan sambutan pada acara 63 Tahun Kabupaten Maros, di Gedung Serbaguna, Kamis (28/7/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAROS – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendorong peningkatan potensi kekayaan pariwisata di Kabupaten Maros. Hal itu menjadi bukti nyata perhatian Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Tekad dan komitmen itu diwujudkan telah diserahkan bantuan keuangan Pemprov Sulsel tahun anggaran 2022 senilai Rp 8 miliar, untuk mendukung revitallisasi kawasan wisata Rammang-Rammang.

Hal ini sebagai wujud dukungan Gubernur Sulsel untuk mendorong Geo Site Geopark Maros Pangkep yang telah menjalani asesmen untuk dinobatkan menjadi UNESCO Global Geopark.

“Maros memiliki lokasi yang strategis. Insya Allah, semoga Geopark Maros Pangkep bisa Go Internasional, menjadi UNESCO Global Geopark,” kata Andi Sudirman pada acara 63 Tahun Kabupaten Maros di Gedung Serbaguna, Kamis (28/7/2022).

Menurut Andi Sudirman, kawasan Rammang-Rammang merupakan desa wisata yang memiliki potensi besar untuk pariwisata di Sulsel.

“Ini peluang untuk mendatangkan wisatawan hingga dari mancanegara. Kita harap dapat membangkitkan dan memulihkan pariwisata serta ekonomi. Terlebih ini merupakan wisata unggulan yang bisa menggeliatkan PAD bagi Desa,” terangnya.

Ia pun meminta, nantinya pengelolaannya akan dilibatkan langsung masyarakat setempat. “Kita bantu desanya. Saya minta pengelolanya adalah masyarakat di sana. Kita mensupport dengan memberikan bantuan keuangan untuk revitalisasi. Kami ingin ada kedaulatan ekonomi bagi masyarakat sendiri,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Maros, Chaidir Syam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulsel yang telah memberi bantuan keuangan sebesar Rp 8 niliar kepada Pemkab Maros untuk atasi perbaikan wilayah Rammang-Rammang.

Chaidir Syam memaparkan, bahwa Kabupaten Maros merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi objek dan daya tarik wisata berupa wisata alam, religi, edukasi, kuliner, seni budaya, dan sejarah.

“Salah satu daya tarik wisata alam dengan reputasi Go Internasional adalah Geo Site Geopark Maros Pangkep yang tahun ini insya Allah akan dinobatkan menjadi UNESCO Global Geopark. Tentunya hal ini akan menjadikan kabupaten Maros menjadi lebih dikenal di dunia Internasional yang nantinya dapat berdampak pada peningkatan investor yang berujung pada peningkatan ekonomi daerah,” jelasnya.