Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. Foto-Ist/TN

 659 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Dinas Kesehatan Kota Kupang gencar melaksanakan program PGBT (Penanganan Gizi Buruk Terpadu) dan PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga). Ini lantaran kasus balita gizi buruk dan stunting makin banyak ditemukan.

“Tidaklah heran, jika kasus balita gizi buruk dan stunting di Kota Kupang juga semakin banyak yang terdata,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Jumat (6/11/2020).

drg. Retno menyebutkan, dari data yang dientri ke dalam aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), kasus balita gizi buruk memang mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir.

Tahun 2018 sebanyak 218 kasus (1,47 persen), tahun 2019 ada 353 kasus (2,3 persen) dan 796 kasus (5,0 persen) di tahun 2020. Sedangkan stunting, kasusnya juga mengalami peningkatan.

“Tahun 2018 sebanyak 3.426 kasus (23,4 persen), tahun 2019 ada 3.892 kasus (29,9 persen) dan 5.151 kasus (32,2 persen) di tahun 2020,” ungkap dia.

Menurut Retno, peningkatan angka kasus balita gizi buruk dan stunting bukan berarti Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak maksimal dalam melakukan upaya pencegahan dan pengendalian.

Sebaliknya, lewat program PGBT yang gencar dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat dan lintas sektor, kasus balita gizi buruk dan stunting makin banyak ditemukan untuk selanjutnya didata dan ditangani.

“Tahun kemarin dibantu Unicef dan lembaga agama, kita sosialisasi PGBT di enam kecamatan dengan melibatkan para kader posyandu, tokoh masyarakat, tokoh agama, lurah dan komponen masyarakat lainnya. Dengan pemahaman yang semakin baik, banyak keluarga yang kemudian proaktif untuk melaporkan soal tumbuh kembang anak-anaknya. Jadi temuan kasusnya menjadi lebih banyak,” jelas mantan Kadis Sosial Kota Kupang itu.

Kasus balita gizi buruk dan stunting, lanjut Retno, juga makin banyak ditemukan saat petugas kesehatan di semua puskesmas gencar melaksanakan PIS-PK untuk melihat persoalan setiap keluarga dari dekat.

Lewat program ini, petugas kesehatan melakukan pendataan terhadap balita dari rumah ke rumah sehingga ditemukan sejumlah kasus balita gizi buruk dan stunting yang belum terdata.

“Sebelum dilakukan PIS-PK, ada keluarga-keluarga yang memang tidak aktif melaporkan soal tumbuh kembang anak-anaknya. Padahal ada yang gizi buruk dan stunting. Nah dengan PIS-PK, setiap puskesmas sudah punya data sasaran per kelurahan by name by adress (BNBA),” terang Retno.

Berita lain untuk anda

Gempabumi Magnitudo 4,1 Terasa di Manokwari Papua Barat

 713 total views (dibaca)  713 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gempabumi tektonik Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Manokwari…

Dukung Ketahanan Pangan, Lantamal XIV Sorong Panen Ikan Lele

 748 total views (dibaca)  748 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan TNI…

Kejagung Eksekusi Uang Milik Buronan Terpidana Korupsi Honggo Wendarto Rp 97 M

 676 total views (dibaca)  676 total views (dibaca) TEROPONGNEWS, JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) mengeksekusi uang tunai…

Fraksi Golkar Nilai Sejumlah Program OPD Untuk Dorong PAD Tak Beralasan

 733 total views (dibaca)  733 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Maluku…

Donor Darah Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Merauke Targetkan 500 Kantong Darah

 3,188 total views (dibaca)  3,188 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76…

Danramil Sentani Serahkan Bantuan Cat Untuk Mendukung Program Kotaku di Kampung Sereh

 706 total views (dibaca)  706 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, Sentani – Danramil Sentani Kota Mayor Inf. Jhon…

Cari Bibit Atlet Berprestasi, Lantamal XIV Gelar Kejuaraan Karate

 786 total views (dibaca)  786 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Lantamal XIV Sorong menyelenggarakan Kejuaraan Intern Karate…

Wartawan Sorong Diajari Cara Menembak Oleh Prajurit Marinir

 691 total views (dibaca)  691 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pasmar 3 menggelar media gathering dengan…

Bangga Jadi Kader NasDem, Wabup OAP Pertama ini Mengaku Idolakan Suya Paloh

 673 total views (dibaca)  673 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Wakil Bupati Kabupaten Fakfak Yohana Dina…

Gelar FGD, Bappeda Maybrat Berharap Target Pembangunan Berjalan Lancar

 690 total views (dibaca)  690 total views (dibaca) TEEOPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten Maybrat…