Berita

Kapolri Tunjuk Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT Gantikan Boy Rafli

×

Kapolri Tunjuk Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT Gantikan Boy Rafli

Sebarkan artikel ini
Calon Kepala Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel. (foto: Instagram/@ryckoad).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru, menggantikan Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun.

1479
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Pak Rycko akan menduduki jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme yang nanti akan dilantik Bapak Presiden (Joko Widodo),” kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Dedi menyebutkan, terdapat tiga perwira tinggi (Pati) Polri lainnya yang dipilih
sebagai kepala badan. Mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana mendapat tugas di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Eks Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Nana Sudjana mendapat penugasan sebagai Sekretaris Jenderal DPR RI.

“Kemudian, ada (eks Kapolda Sulawesi Tengah) Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, beliau akan mendapat penugasan di Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas),” ucap Dedi menjelaskan.

Dalam acara serah terima jabatan di Mabes Polri, Jakarta, Kapolri Listyo Sigit berpesan kepada seluruh pejabat utama dan para kapolda untuk mampu menjabarkan dan mengimplementasikan arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri beberapa waktu lalu.

Arahan itu di antaranya mengawal investasi, memantau inflasi, memantau pertumbuhan ekonomi baik makro maupun mikro secara detil, serta melakukan penindakan secara tegas kepada yang ilegal.

Diketahui, tujuh kapolda yang dilantik dalam kegiatan tersebut ialah Kapolda Jawa Barat, Kapolda Kalimantan Barat, Kapolda Lampung, Kapolda Gorontalo, Kapolda Sulawesi Tengah, Kapolda Sulawesi Selatan, dan Kapolda Metro Jaya.

“Kapolri juga menekankan bahwa sebentar lagi Polri akan menjalani Operasi Ketupat, baik arus mudik maupun arus balik, seluruh pejabat utama Polri dan kapolda untuk betul-betul mengantisipasi sejak dini, melakukan check and recheck kembali untuk mempersiapkan pospam, posyan, pos terpadu, sarana dan prasarananya,” ucap Dedi.

Setelah Operasi Ketupat, Polri akan melakukan pengamanan pada ASEAN Summit di Labuan Bajo, NTT, di mana pengamanan yang akan diterapkan sama dengan pengamanan KTT G20 di Bali.

“Kami punya kisah sukses di G20. Sistem keamanan G20 akan diterapkan pada ASEAN Summit Labuan Bajo,” ujar Dedi.