Kapolres Merauke Jaring Persoalan Kamtibmas

Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan, S.IK. foto getty

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, SIK didampingi Kasat Binmas dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Merauke Iptu Teguh Prasetyo, dan anggotanya melakukan bakti sosial (Baksos) sekaligus penyuluhan terkait pentingnya menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerah Pintu Air Merauke.

Tidak hanya itu, berbagai perosalan Kamtibmas juga diketahui secara langsung dari hasil komunikasi dengan masyarakat di wilayah tersebut. Dari masukan yang diterima, kemudian dijadikan evaluasi langkah-langkah lebih lanjut untuk antisipasi penanganan supaya wilayah Pintu Air dipastikan tetap aman dan kondusif.

Kesempatan tersebut, Kapolres Merauke dan jajarannya membagikan makanan siap saji kepada ratusan warga yang disambangi dan bantuan bola voli beserta net kepada tokoh pemuda sebagai sarana olahraga sekaligus hiburan pagi warga dan pecinta bola voli. Ibarat sambil menyelam minum air, pesan Kamtibas juga diserukan Kapolres Sandi di sela-sela kunjungan perdananya itu.

“Bapak dan ibu warga Pintu Air khususnya Kompleks Mappi, saya ajak agar bersama Polri kita menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga kondisi daerah kita tetap aman, dan kita dapat bekerja demi kesejahteraan keluarga kita bersama,” ajak AKBP Sandi Sultan, Rabu (7/9/2022).

Warga juga diajak jaga kesehatan dengan rutin berolah raga, waspada bahaya narkoba apalagi minuman keras (Miras) yang sejauh ini jadi pemicu terjadinya kasus kriminal. Baik Narkoba maupun Miras sama-sama berbahaya bagi kesehatan. Miras atau minuman beralkohol dan Narkoba juga akar terjadinya suatu tindak pidana.

Menurutnya, akan jauh lebih baik dan menguntungkan jika masyarakat mampu menjauhi larangan tersebut dan fokus menjalani kehidupan yang bermanfaat guna membangun masa depan yang lebih baik. Ada banyak cara positif untuk menghasilkan uang dan makan bukan dengan menjual Miras atau Narkoba. Seperti menjaring hasil laut lalu dijual atau diolah untuk menjadi hasil olahan bernilai jual, berwirausaha, dan masih banyak lagi.

Begitu pula ada banyak cara untuk menghilangkan penat dengan berolahraga atau sibuk dengan melakukan aktivitas yang menguntungkan ketimbang lari pada kebiasaan mabuk dan atau memakai Narkoba.