Kapolda Tornagogo Sebut Prestasi Polda Pabar adalah Prestasi Masyarakat Papua Barat

Acara rilis akhir tahun Polda Papua Barat tahun 2020 di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat. Foto Wim/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, S.I.K, M.Si, menyebutkan prestasi Polda adalah prestasi masyarakat Papua Barat.

Pernyataan Kapolda Tornagogo Sihombing ini, saat bertatap muka dengan insan Pers pada acara Rilis Akhir tahun 2020 Polda Papua Barat (Pabar), di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, keberhasilan dan prestasi Polda Papua Barat tidak terlepas dari peran masyarakat yang mendukung Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Saya sangat apresiatif kepada Polda Papua Barat, oleh karena didukung masyarakat yang ada di Papua Barat ini. Dan persoalan prestasi sepanjang tahun 2020 ini, saya lebih pas katakan bahwa prestasi Polda Papua Barat adalah prestasi dan keberhasilan masyarakat Papua Barat,” ujar Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

“Jadi kalau ditanya prestasi, bukan prestasi Polda, tapi prestasi masyarakat Papua Barat,” lanjutnya.

Dikatakannya, prestasi Polda Pabar di tahun 2020 ini, bukan karena membongkar kasus kriminal yang besar, melainkan karena kesadaran dan dukungan masyarakat Papua Barat untuk tidak melakukan kasus-kasus kriminalitas yang dampaknya bisa merugikan orang banyak.

Ia pun mengatakan bahwa keberadaan Polda Pabar tidak sama dengan Polda-Polda lain diluar tanah Papua. Dilihat dari karakteristik masyarakat, letak geografis yang sulit serta topografi gunung dan lembah, membuat pihaknya juga mempunyai keterbatasan jangkauan.

“Kalau kita lihat, Polda Papua Barat ini tidak sama dengan Polda yang ada di Jawa. Jadi Polda yang ada di Papua dan Papua Barat itu tergantung dari karakteristik masyarakatnya dan tergantung dengan aspek geografisnya, terutama terhadap aspek isu yang ada di provinsi Papua Barat ini,” tandasnya.