446 total views (dibaca)

Ambon, TN – Kapolda Maluku, Irjen Polisi Baharudin Djafar memimpin apel personil gabungan TNI-Polri, diperempatan Un Wartel, yang merupakan lokasi pemicu ketegangan antar warga desa Taar dan Holat, yang bermukim di kompleks Un, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Jumat (13/3).

Apel di lokasi kejadian dihadiri oleh Dandrem 151/Binaiya, Karo Ops Polda Maluku, Kabidhumas, Dansat Brimob, Danlanal Tual, Dandim, Kapolres dan para tokoh masyarakat dari kedua kelompok warga, juga disaksikan oleh kedua kelompok masyarakat, yang nyaris bentrok itu.

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengatakan, apel itu sengaja dilaksanakan dilokasi kejadian untuk menunjukan kepada masyarakat agar selalu hidup dalam suasana damai.

“Kita berikan penguatan-penguatan dan semangat kepada personil kita dalam melaksanakan tugas di lapangan. Ada sekitar 150 personil gabungan. Selain itu juga kita tunjukan buat masyarakat, bahwa ada aparat keamanan yang selalu bersama mereka, sehingga ketika terjadi sesuatu harus melibatkan aparat,” kata Kapolda, saat pelaksanaan apel tersebut.

Menurut jenderal polisi Bintang dua ini, aparat keamanan akan meningkatkan patroli di Kota Tual, dan Maluku Tenggara, termasuk dikedua pemukiman masyarakat tersebut.

“Kehadiran kita (TNI-Polri) ditengah-tengah masyarakat itu sebuah kewajiban, karena kita berasal dari sana (masyarakat). Kita harus berikan rasa aman dan nyaman untuk mereka. Patroli akan kita intensifkan di seluruh wilayah ini,” tutur jenderal Bahar, sapaan Kapolda.

Orang nomor satu di Polda Maluku, memastikan situasi dan kondisi keamanan diperbatasan kedua desa termasuk Maluku Tenggara dan Kota Tual, saat ini dalam kondusif aman terkendali.

“Alhamdulillah pasca pertemuan semalam di kantor Wali Kota, situasi sudah sangat aman terkendali, masyarakat diperbatasan kedua desa juga sudah beraktivitas seperti sediakala, hanya saja personil masih kita tempatkan di lokasi ini (perempatan Un Wartel) dan patroli jalan sama biasa,” terang alumnus Akpol 1986.

Mantan Karo Paminal Divisi Propam Polri ini kembali mengapresiasi, langkah kedua masyarakat desa tersebut, yang telah menahan diri sehingga bentrokan kedua warga desa tersebut tidak meluas, dan kini kondisi di Kota Tual sangat aman terkendali.

“Saya (Kapolda) dan pak Dandrem serta seluruh unsur sangat mengapresiasi warga karena tidak terlibat bentrokan yang meluas, kemudian kondisi keamanan daerah ini,” tandas mantan Kapolda Sulawesi Barat.

Berita lain untuk anda

Mirisnya Dunia Pendidikan di Maluku

 494 total views (dibaca)  494 total views (dibaca) Ambon, TN – Perkembangan dunia pendidikan di Provinsi Maluku…

Faris-ORI Unggul Sementara di Pilkada Raja Ampat, Hasil Hitung Cepat 66.84 Persen

 424 total views (dibaca)  424 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT-Pasangan Calon bupati dan wakil bupati Raja…

BPJS Ketenagakerjaan Merauke Berikan Cinderamata dan Santunan Kematian

 423 total views (dibaca)  423 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Memperingati hari pelanggan BPJS Ketenagakerjaan atau…

2020, Laju Pertumbuhan Ekonomi Malut Tertinggi

 461 total views (dibaca)  461 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara…

Kabid Humas; Masih Dicek Soal Kabar Penangkapan Crew Double O Pakai Narkoba

 414 total views (dibaca)  414 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes…

OPD Maybrat Diminta Patuhi Kebijakan Bupati

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, MAYBRAT – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di…

Pemkab Tambrauw Diantara Capaian MCP dan Tata Kelola Aset, KPK : Butuh Transparansi Keadaan Sebenarnya

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TAMBRAUW- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki dua fungsi…

Lantamal XI Merauke Telah Laksanakan Serbuan Vaksinasi Tahap Kedua

 403 total views (dibaca)  403 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – TNI AL melalui Lantamal XI Merauke,…

Status PPKM Turun ke Level 1, Rahman Putra : Masyarakat Raja Ampat Tetap Menjalankan Prokes

 448 total views (dibaca)  448 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masa…

Di Kota Sorong, 20 Pasien C-19 Dinyatakan Sembuh, Positif Tambah 5 Orang

 405 total views (dibaca)  405 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Papua…