Kapolda PB Terbitkan Telegram Sosialisasi Bintara Noken

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi,S.I.K.,M.H

TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI- Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat mulai mensosialisasikan rekrutmen calon bintara jalur otonoomi khusus (Otsus) dengan kuota 1.500 personil terdiri dari 1.400 calon bintara pria dan 100 calon bintara wanita.

Rekrutmen calon bintara polri jalur otsus ini berdasarkan surat telegram Kapolda Papua Papua Barat nomor: ST /50/III/DIK.2.1/2021 tanggal 9 Februari 2021 tentang pelaksanaan rekrutmen Bintara Polri jalur Afirmasi Otsus Tahun 2021.

Ketentuan proses rekrutmen dalam surat telegram Kapolda Papua Barat tersebut yaitu, kedua orang tua calon bintara merupakan Orang Asli Papua (OAP) atau merupakan keturunan OAP yang dibuktikan dengan surat rekomendasi MRPB

Kemudian selanjutnya salah satu orang tua calon peserta Orang Asli Papua yang dibuktikan dengan surat keterangan lahir dan rekomendasi MRPB.

Kemudian calon peserta yang bukan OAP namun lahir dan besar dan mengeyam pendidikan SD, SMP dan SMA di Papua Barat dan diperkuat dengan Surat keterangan MRPB.

Surat telegram Kapolda Papua Barat ditujukan kepada para Kapolres untuk melakukan sosialisasi melalui berbagai platfom medium seperti spanduk, baliho, poster dengan pendistribusian yabg cepat dan tepat.

Kepada Para Kapolres juga diminta mencari calon peserta terdiri dari Polres Manokwari minimal 500 Orang meliputi Manokwari dan Pegunungan Arfak, Polres Kota Sorong sebanyak 500 orang, Polres Sorong, Polres Raja ampat, Polres Kaimana, kemudian Polres Fakfak, Polres Teluk Bintuni, Polres Teluk Wondama dan Polres Sorong Selatan masing-masing mencari 250 Calon Bintara.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K.,M.H kepada wartawan membenarkan surat telegram Kapolda tersebut.

“Ini merupakan komitmen Polri melalui Polda Papua Barat di Dukung oleh PEMDA PROV PB utk melakukan perekrutan khusus Orang Asli Papua. Harapan Bapak Kapolda agar Orang tua dapat membantu melatih anak-anak agar mampu mengikuti seleksi” tulis Kabid Humas melalui siaran persnya yang diterima media ini, Selasa (9/2/2021)

Kabid Humas juga mengajak semua pihak untuk dapat mensosialisasikan rekrutemn calon bintara noken atau jalur otsus ini disosialisaikan oleh Masyarakat agar generasi muda yang memiliki kualifikasi dapat berpartisipasi

“Ayoo.. sampaikan kepada seluruh lapisan keluarga,saudara saudari, kawan-kawan di kampung yang ingin menjandi Anggota Polisi agar mempersiapkan diri. masuk Polri melalui rekrutmen ini Gratis tanpa pungutan Biaya..” katanya.

Terkait waktu pendaftaran menunggu keputusan final dari SSDM Mabes Polri, sekarang ini masih tahap sosialisasi dan Kampanye.