Berita

Kapolda Papua Barat: KKB Kodap IV Sorong Raya Sudah Kehilangan Akal

×

Kapolda Papua Barat: KKB Kodap IV Sorong Raya Sudah Kehilangan Akal

Sebarkan artikel ini
Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga,S.H.,M.A (ist)

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga,S.H.,M.A. membantah dengan tegas pernyataan yang beredar melalui penggalan video bahwa kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kodap IV Sorong Raya dipimpin Arnoldus Kocu telah menguasai Kumurkek, ibukota Kabupaten Maybrat dan menghadang rombongan Pangdam XVIII/ Kasuari baru-bari ini dibantah Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga,S.H.,M.A.

Dalam keterangan resminya kepada awak media di Manokwari, Rabu (28/12/2022) menegaskan bahwa pernyataan yang disampaikan Arnoldus Kocu itu tidak benar dan berbohong.

“Termasuk video yang beredar bahwa mereka (KKB) menguasai ibukota Kabupaten Maybrat itu bohong semua, faktanya pasukan TNI-Polri disana, melakukan patroli kemudian kamtibmas terkendali kehidupan masyarakat hidup baik-baik saja, keamanan terjamin, situasi kondusif, kegiatan masyarakat berjalan dengan baik,” kata Kapolda Papua Barat kepada wartawan usai menghadiri perayanaan natal bersama pemerintah provinsi Papua Barat di GOR Sanggeng Manokwari, Rabu malam.

Irjen DTM membenarkan bahwa video yang beredar bahwa kelompok Arnoldus Kocu ini menggelar konferensi pers di salah satu sekretariat partai politik, dimana pada saat itu ada kegiatan perayaan natal, setelah kegiatan tersebut banyak orang berkerumun di tempat tersebut pada malam hari.

Namun Jenderal polisi bintang dua ini tidak memastikan kelompok kriminal tersebut berada di TKP, karena banyak orang berada di tempat itu pasalnya hingga pagi hari situasi Kamtibmas Kota Kumurkek lebih khusus Sekretariat partai politik tersebut aman kondusif.

4958
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kapolda menegaskan bahwa KKB Kodap IV Sorong Raya sudah kehilangan akal sehingga berkamuflase sebagai masyarakat pada sejumlah titik di Kabupaten Maybrat dengan tujuan agar bisa menyampaikan informasi melalui video yang belum tentu kebenarannya.

Tingkat pengamanan di Kabupaten Maybrat terus ditingkatkan pasukan TNI dan Polri bersinergi kemudian bersama pemerintah daerah melakukan evaluasi kondisi terkini para pengungsi disana, agar bisa menyuguhkan yang terbaik kepada masyarakat daerah tersebut.

Lebih khusus di kampung-kampung di daerah Kisor yang diklaim kelompok Arnoldus Kocu bahwa masyarakat telah mengungsi, padahal sekira 1000an orang sudah kembali dari pengungsian ke kampungnya masing-masing.

“Yang jelas mati atau hidup, yang namanya penjahat kemanusiaan itu saya cari, tangkap dan hukum,” tegas Kapolda dengan wajah yang serius.