Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar menerima kunjungan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Saadiah Ulupatty, Kamis (30/7). Foto-Ist/TN

 2,449 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar menerima kunjungan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Saadiah Ulupatty, Kamis (30/7).

Kunjungan Anggota DPR-RI tersebut dalam rangka reses masa sidang ke IV tahun 2020, dan juga dalam rangka membicarakan sejumlah persoalan. Satu diantaranya yakni, rencana dibukanya kembali tambang emas Gunung Botak, di Kabupaten Buru.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar mengaku, ada beberapa permasalahan yang didiskusikan bersama, mulai dari areal pertambangan rakyat di Gunung Botak, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan penanganan Covid-19.

“Terkait tambang emas Gunung Botak, kami menyampaikan perlu duduk bersama untuk kepentingan masyarakat. Benar penguasaan dan pengolahannya oleh pemerintah, tetapi untuk kepentingan masyarakat, agar dimanfaatkan dengan baik,” ujar Kapolda kepada wartawan, di Ambon, Jumat (31/7).

Masih, kata Kapolda, jika berbicara soal pertambangan ini tidak hanya di Gunung Botak saja, tetapi ada juga di lokasi lain. Dan itu dibutuhkan pengamanan yang ekstra ketat.

“Disitu kami menyampaikan bahwa untuk regulasi atau aturan, kami tidak ikut. Apabila dikelola dengan professional, pasti akan menguntungkan semua pihak,” ujar Kapolda.

Terkait Pilkada, menurut Kapolda, ada sekitar empat kabupaten yang melaksanakannya. Kabupaten tersebut yakni, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Buru Selatan (Bursel), dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Dari keempat kabupaten yang melaksanakan Pilkada tersebut, kata Kapolda, ada beberapa kabupaten yang dianggap rawan yang pilkada dimaksud. Satu diantaranya adalah Kabupaten MBD.

Untuk Kabupaten Buru Selatan, lanjutnya, akan segera dibentuk Polres, agar pelayanan kepolisian kepada Masyarakat dapat lebih cepat.

“Untuk kesiapan pengamanan Pilkada ini, kami akan “Road Show” keliling ke setiap polres kabupaten yang melaksanakan Pilkada. Kami kemarin baru kembali dari Pulau Buru. Direncanakan minggu depan akan berangkat ke Kabupaten SBT untuk mengecek kesiapan pengamanan Pilkada di sana,” tegas Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menambahkan, terkait Covid-19, semua komponen masyarakat harus bersama-sama gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, menuju adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

“Kami berterima kasih kepada Sekda Provinsi Maluku, Kasrul Selang, yang aktif dalam setiap penanganan, dan sosialisasi terkait Covid-19 ini. Selain itu, di daerah juga para Dandim dan Kapolres jajaran juga saling membantu dan bergandeng tangan bersama-sama menangani pandemi Covid-19 ini,” tandas Kapolda.

Berita lain untuk anda

Tokoh Muda Idealis Papua, Fadal Said Alhamid Tutup Usia

 3,566 kali dilihat 3,566 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA- – Kabar duka Bagi seluruh Rakyat Papua ,…

Dari Pembangunan Smelter hingga Kawasan Ekonomi Khusus Sorong

 2,494 kali dilihat 2,494 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Tidak kita sadari, ternyata PT Freeport Indonesia (…

Fraksi PDI Perjuangan Apresiasi Program Ketahanan Pangan ‘Ko Dikebun Saja’ DPD KNPI

 2,693 kali dilihat 2,693 kali dilihat Aimas, TN – Program penyiapan cadangan pangan dalam rangka menjaga…

Pemprov Papua Barat Salurkan 45.361 Paket Bapok Bantuan Pandemi Covid-19

 2,540 kali dilihat 2,540 kali dilihat Sorong,TN – Pemerintah Provinsi Papua Barat menyalurkan menyalurkan 45.361 paket…

Sanusi Rahaningmas Sesalkan Double O Tetap Buka Pasca Rusuh

 2,643 kali dilihat 2,643 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Anggota DPD RI, Sanusi Rahaningmas menyayangkan kejadian…

DPRD Merauke Menyebut Kondisi Pendidikan di Kampung Mati Suri

 2,562 kali dilihat 2,562 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Merauke Dominikus Ulukyanan…

Kelompok Tani Merauke Ikuti Bimtek Optimalisasi Pupuk Organik

 5,312 kali dilihat 5,312 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sejumlah kelompok tani peserta penerima bantuan pupuk…

Kejar Pencuri, Warga Jalan Makam Temukan Penyulingan Miras di Rumah Babinsa

 2,585 kali dilihat 2,585 kali dilihat Aimas, TN – Produsen minuman keras lokal cap tikus, semakin…

Pengurus IKF Adukan Oknum Notaris ke Polres Sorong Kota

 3,796 kali dilihat 3,796 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pengurus Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Kota Sorong mendatangi…

Empat Kampung di Merauke Masuk Komunitas Adat Terpencil

 2,679 kali dilihat 2,679 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Sosial Kabupaten Merauke mengadakan kegiatan pemberdayaan…