Berita

Kanwil Kemenkumham Jabar Gelar Penilaian Kompetensi Berbasis CACT

×

Kanwil Kemenkumham Jabar Gelar Penilaian Kompetensi Berbasis CACT

Sebarkan artikel ini
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Barat menggelar kegiatan penilaian kompetensi dan potensi, yang berlangsung di Kanwil Kemenkumham Jabar, Senin (22/5/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Barat menggelar kegiatan penilaian kompetensi, dalam rangka pemetaan jabatan metode Computer Assisted Competency Test (CACT), yang berlangsung di aula Soepomo, Kanwil Kemenkumham Jabar, Senin (22/5/2023).

Kegiatan uji kompetensi kali ini dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Tujuan kegiatan uji kompetensi ini adalah, untuk menentukan pemetaan karir dan jabatan bagi seluruh pegawai Kemenkumham.

Kegiatan uji kompetensi yang dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya ini, terbagi dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang hari.

4908
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Di mana jumlah peserta yang mengerjakan tes uji kompetensi di aula Soepomo, Kanwil Kemenkumham Jabar, bisa mencapai 200 orang dalam 1 sesinya.

Peserta uji kompetensi di lingkup Kanwil Kemenkumham Jabar ini terdiri atas para ASN, baik yang di Kantor Wilayah maupun yang di Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi ini akan berlangsung selama 11 hari di Kanwil Jabar dan diikuti oleh 4.004 ASN Kemenkumham Jabar.

Adapun materi yang diujikan dalam Uji Kompetensi ini terkait dengan bidang Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, Potensi Skill dan Literasi Digital. Diharapkan kegiatan ini bisa membantu seluruh pegawai Kemenkumham dalam mengembangkan karir masing-masing.

Sementara itu, R. Andika Dwi Prasetya dalam kesempatannya meninjau langsung proses jalannya kegiatan uji kompetensi kali ini, mulai dari alur pendaftaran, kehadiran peserta uji kompetensi hingga jalannya pelaksanaan uji kompetensi berbasis komputer di aula Soepomo, Kanwil Jabar.

Di aula Soepomo, kepada 190 orang peserta ujian sesi 1 di hari pertama uji kompetensi ini, Kakanwil Andika bersama dengan Kepala Divisi Administrasi, Anggiat Ferdinan dan Kepala Bagian Umum, Ferry Ferdiansyah beserta anggota panitia dari BKN dan Biro Kepegawaian membuka kegiatan dengan penyampaian motivasi kepada para peserta.

“Ay memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada BKN dan Biro Kepegawaian, karena telah memberi kesempatan kepada Kanwil kemenkumham Jabar, untuk menjadi salah satu Kanwil Kemenkumham yang pertama menyelenggarakan kegiatan ini bersamaan dengan Kanwil DKI Jakarta dan Kanwil DI Yogyakarta.

Untuk itu Andika berpesan kepada seluruh peserta, untuk mengerjakan ujian kompetensi ini dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh, agar kedepannya para peserta bisa meniti karir dan mengembangkan jabatan mereka di Kemenkumham, sesuai dengan kemampuan dan kompetensi mereka masing-masing.

“Jadikan kegiatan uji kompetensi yang saudara-saudara ikuti hari ini, sebagai momentum untuk mengakses diri sendiri. Semoga hasil dari kegiatan ini bisa menjadi bahan bagi kita semua, untuk meniti karir di lembaga Kemenkumham ini,” harap Kakanwil Andika.