Kantor Persiapan KPU Provinsi Papua Barat Daya Diresmikan

Sekjen KPU RI meresmikan kantor persiapan KPU Provinsi Papua Barat Daya yang ditandai dengan pembukaan selubung papan nama. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Drs. Bernad Dermawan Sutrisno,M.Si berkunjung ke kantor KPU Kota Sorong, Jumat (23/12/2022).

Kedatangannya beserta rombongan dalam rangka supervisi kesiapan kantor dan pembentukan kesekretariatan KPU Provinsi Papua Barat Daya yang berkantor di sekretariat KPU Kota Sorong Jl. Bambu Kuning kilometer 12 masuk kota Sorong.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen KPU RI meresmikan kantor persiapan KPU Provinsi Papua Barat Daya yang ditandai dengan pembukaan selubung papan nama.

Ketua KPU Kota Sorong, Robert Jumame dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Sekjen KPU RI karena telah meresmikan beberapa sekretariat KPU provinsi di Daerah Otonomi Baru (DOB), dan lebih sekretariat KPU Provinsi Papua Barat Daya.

“Kami jajaran KPU Kota Sorong mengucapkan terima kasih kepada Sekjen KPU RI karena telah memberikan amanah ini kepada kami, dengan kantor kami yang representative seperti ini. Pilihan bapak Sekjen terkait sekretariat KPU Papua Barat Daya di kota Sorong sangat tepat, “ujarnya.

Robert berharap, dengan adanya kedatangan Sekjen KPU RI dan pemerintah daerah bisa sama-sama mencarikan sekretariat atau gedung KPU Papua Barat Daya yang lebih representatif di Kota Sorong.

Sekjen KPU RI Drs. Bernad Dermawan Sutrisno,M.Si dalam wawancaranya menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), KPU RI harus menyiapkan kelembagaan dan juga kantor transisi.

“Maka kita siapkan kantor persiapan transisi dulu, jadi semua aktivitas tahapan Pemilu dan Pilkada sementara kita numpang di Kota Sorong, ” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengutus tiga komisioner KPU Provinsi Papua Barat ke Kantor persiapan KPU Provinsi Papua Barat Daya.

“Sampai ada anggota KPU yang definitif. Target kita paling lama nanti Januari baru ada anggota definitif. Tiga anggota ini akan membatu KPU RI,” pungkasnya.