Kampung Solol Raja Ampat Dapat Bantuan Cold Storage Dari PLN UP3 Sorong

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam industri perikanan, baik perikanan laut maupun tambak, kehadiran cold storage sangat krusial. Dengan cold storage, nelayan atau petambak bisa menyimpan hasil tangkapannya relatif lebih lama, sehingga nilai ekonomisnya tidak menyusut akibat proses pembusukan alamiah.

Hal itu lah yang menginisiasi PLN UP3 Sorong untuk memberikan bantuan Cold Storage dan kios es batu dengan nilai bantuan sebesar Rp. 250 juta di kampung Solol, Distrik Salawati Barat, kabupaten Raja Ampat.

Cold Storage dan kios es batu itu diresmikan langsung oleh manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha, Senin (20/12/2021).

Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha dan Kadis Perindag Raja Ampat saat meninjau bantuan TJSL di kampung Solol. (Foto: Mega/TN)

Martha Adi menjelaskan, bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Tujuan diberikannya bantuan Cold Storage itu agar masyarakat kampung Solol yang notabene bermatapencaharian nelayan bisa menyimpan hasil tangkapan ikan dalam waktu yang lama.

“Sejak bulan April 2021, warga kampung Solol sudah menikmati listrik 24 jam. Kami melihat di sana 95% lebih penduduknya notabene mata pencaharian sebagai nelayan. Di sana masalahnya adalah ketika mereka mengambil tangkapan ikan, ikan tersebut tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama karena mereka harus mengambil es dari Sorong. Di mana itu biayanya sangat tinggi, “jelas Martha Adi.

Oleh karena itu, PLN UP3 Sorong memberikan solusi dengan memberikan bantuan cold storage. Di mana Cold Storage ini bisa untuk menyimpan es, mengawetkan ikan. Sehingga ikan itu memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha saat berada di dalam Cold Storage. (Foto: Mega/TN)

“Selain itu di kampung Solol, masyarakat di kampung sekitarnya juga bisa mengambil es di kampung Solol ini dan tidak lagi ke Sorong, ” Imbuhnya.

Martha Adi berharap, dengan adanya program ini TJSL ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf ekonomi masyarakat di kampung Solol dan sekitarnya

Sementara itu, warga kampung Solol, Isak Klasim mengucapkan banyak terimakasih kepada PLN yang telah memberikan perhatiannya kepada masyarakat untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik melalui bantuan TJSL.

“Terkait bantuan dari PLN, kami mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih karena dengan adanya bantuan Cold Storage maka masyarakat punya taraf ekonomi ini akan meningkat

Isak mengungkapkan, sebelum adanya Cold Storage itu, masyarakat sangat kesulitan dalam penyimpanan ikan karena harus menempuh perjalanan jauh ke Sorong untuk membeli es.

“Mereka ke Sorong dengan jangkauan yang cukup jauh, dan biayanya yang lumayan mahal. Padahal es ini hanya ratusan ribu, tapi BBMnya sudah jutaan. Jadi mereka bersyukur dengan adanya bantuan Cold Storage ini, ” pungkasnya.