Kamis Malam, Jenazah Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Dimakamkan

Jenazah AH (59), pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, dimakamkan, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon, Kamis (14/5) malam. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – AH (59), seorang Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 meninggal dunia, Kamis (14/5) sekitar pukul 16.50 WIT di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M Haulussy Ambon.

Jenazah AH kemudian dimakamkan Kamis malam, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon.

“Almarhum masuk Rumah Sakit pada 30 April dengan keluhan batuk dan sesak pada pernafasan,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covif-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, Jumat (15/5) pagi.

Menurut dia, saat dilakukan Rapid Test (RDT), hasil pasien tersebut non reaktif. Namun, dikarenakan memiliki gejala yang serupa, kepada pasien kemudian dilakukan swab test pada tanggal 10 Mei kemarin.

“Tanggal 11 Mei masuk isolasi dan pada 14 Mei sore meninggal dunia. Tim pelaksanaan sudah melakukan proses pemakaman sesuai protokol Covid-19,” ujar Selang.

Kepada pihak keluarga, Selang atas nama Pemerintah dan Gugus Tugas mengucapkan belasungkawa. dia kemudian berharap, masyarakat dapat lebih meningkatkan kewaspadaan, dalam upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Himbauan-himbauan dari Pemerintah, Tokoh Agama, serta Tokoh Masyarakat, untuk senantiasa menggunakan masker, menjaga jarak aman, hindari kerumunan apabila keluar rumah, kiranya dapat diikuti, demi kebaikan kita bersama,” tandasnya.

Dengan demikian jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia di Malukj menjadi lima orang, 40 pasien positif Covid-19 dalam penanganan tim medis, dan 17 sudah sembuh.