Kaltim Tunjukan Trend Positif Dalam Penanganan Covid-19

Ilustrasi Covid-19. Foto-Ist

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Yudha Pranoto mengatakan, Provinsi Kaltim terus menunjukkan trend positif dalam penanganan Covid-19. Hal ini terlihat dari angka kesembuhan yang terus berada diatas angka kasus baru Covid-19.

“Kita sangat gembira, karena trend kesembuhan terus meningkat di akhir Oktober lalu,” katanya lewat siaran pers yang diterima Teropongnews.com, Rabu (4/11/2020).

Tingkat kesembuhan hingga Sabtu (31/10/2020) mencapai 78,5 persen. Peningkatan persentase kesembuhan terjadi menyusul tambahan 270 kasus sembuh dan 116 kasus positif. Sedangkan pada Minggu (1/11/2020), kasus positif 168 dan sembuh 184 kasus.

Secara keseluruhan total terkonfirmasi positif mencapai 14.259 kasus, 11.250 kasus sembuh, 487 kasus meninggal dunia dan masih dalam perawatan 2.522 kasus.

“Selain kesadaran pasien dan kerja keras para tenaga kesehatan, kontribusi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan juga tak kalah besar,” ujar dia.

Dengan begitu, kata dia, jumlah kasus positif baru tidak akan lebih banyak dibandingkan kasus yang berhasil disembuhkan.

Kesiapsiagaan juga terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di semua daerah di Kaltim. Sabtu kemarin misalnya, Satgas Balikpapan melakukan operasi gabungan ke pusat perbelanjaan. Antara lain, di Plaza Balikpapan dan e-Walk Balikpapan Super Blok (BSB).

Meski secara umum masyarakat sadar protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), tetapi ada saja pengunjung yang abai atau lalai. Personel Satgas pun segera datang untuk mengingatkan.

“Semoga di November ini kita bisa mencapai kesembuhan 100 persen. Tidak ada yang tidak mungkin, jika semua dari kita mau berpikir positif. Berpikir positif untuk sembuh, dan berpikir positif untuk tidak tertular. Caranya, patuhi protokol kesehatan, terapkan 3M serta konsumsi makanan dengan gizi seimbang,” tandas Yudha.