K2PM Meriahkan Dies Natalis ke-3 Jurusan Pendidikan Ekonomi UNMUS

Peserta kompetisi K2PM di Gedung PKM UNMUS Merauke.Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka Dies Natalis ke 3 Jurusan Pendidikan Ekonomi UNMUS Merauke, panitia pelaksana menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Kewirausahaan Pelajar dan Mahasiswa (K2PM) perdana di Kabupaten Merauke.

Kali ini terdaftar 24 tim, masing-masing beranggotakan 2 peserta. Masing-masing kelompok menampilkan tiga produk kreatif dan lokal. Karya yang ditampilkan mendapatkan penilaian dari dewan juri dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang.

“Hari pertama diawali dengan persentasi dan pameran produk. Hari kedua diakhiri dengan pembagian hadiah,” ujar Ketua Panitia Kegiatan, Acep Fatchuroji, SE, MM, Senin (30/1/2023) pada sela-sela kegiatan di Aula PKM UNMUS Merauke.

Dari hasil yang terpampang, kebanyakan peserta menampilkan produk kreatif yang terbuat dari sabut kelapa jadi boneka, pembuatan tifa, dan kerajinan souvenir dengan memanfaatkan bahan lokal. Tidak ketinggalan olahan pangan juga seperti kripik, bermacam varian kue, puding dll.

Kompetisi ini diselenggarakan guna lebih mengasah kemampuan peserta dan mendorong generasi penerus bangsa untuk terus berkreasi, menciptakan produk-produk bernilai dan berdaya saing sehingga mampu mendatangkan penghasilan.

“Melihat hasil produk peserta, ada yang tidak pernah kita temukan sebelumnya dan kita dapat menilai bahwa kemampuan kreativitas anak-anak ini sangat luar biasa. Sehingga ke depan kegiatan ini akan kita agendakan secara rutin,” tandas Acep.

Sebagai informasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi UNMUS berdiri pada 31 Januari 2020, yang artinya sudah berjalan tiga tahun pada 31 Januari 2023.