Jusuf Sunya: Kita Harus Bisa Mengendalikan Teknologi

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya saat menutup kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smartcity dan Quick Win Program Unggulan Ternate Kota Cerdas, Selasa (27/9/2022), di Ruang Rapat Lantai III Kantor Wali Kota Ternate. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya mengatakan, dengan berkembangnya teknologi saat ini mengharuskan semua elemen masyarakat berpikir lebih cepat, agar di era 5.0 seperti sekarang bukan lagi teknologi yang mengendalikan manusia, tapi manusia yang harus mengendalikan teknologi.

“Konsep smart city tidak hanya kita berbicara mengenai infrastruktur IT atau hal-hal mengenai big data, tapi sebagai langkah antisipasi pemerintah, untuk mendorong kota cerdas ini, agar bisa diaplikasikan dalam tugas pokok keseharian kita,” kata Jusuf Sunya saat menutup kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smartcity dan Quick Win Program Unggulan Ternate Kota Cerdas, Selasa (27/9/2022), di Ruang Rapat Lantai III Kantor Wali Kota Ternate.

“Artinya, kita berharap konsep smart city ini tidak hanya sebuah konsep, tanpa kita mampu menjalankannya,” tambah dia.

Dia berharap kedepan, perlu suatu quick win yang lebih efektif, agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Ternate mampu berinovasi, agar bisa bekerja secara cepat.

“Inovasi tidak hanya sesuatu yang baru, tapi paling tidak apa yang kurang kita benahi menjadi sesuatu yang lebih baik,” tutupnya.

Untuk diketahui, bimbingan teknis ini digelar dalam rangka Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kota Ternate yang merupakan lanjutan dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dengan Pemerintah Kota Ternate Nomor: B-69/DJAI/HK.04.02/04/2022, Nomor : 555/II/2022.

Bimtek tersebut telah digelar dalam empat tahap, yakni pada bulan Juni, Juli, Agustus dan September dengan setiap tahap di gelar selama dua hari.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari perwakilan seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate, perwakilan kampus, serta komunitas yang diharapkan bisa bersinergi dalam perwujudan Ternate Smart City.

Mitra Kemkominfo yang hadir sebagai narasumber atau tim pendamping pada kegiatan bimtek ini yakni, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo dan Dr. Surahyo Sumarsono, B.Eng., M.Eng., SC, yang merupakan akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.