Berita

Jokowi Harap Pemimpin G7 Dukung Pembiayaan Pembangunan IKN

×

Jokowi Harap Pemimpin G7 Dukung Pembiayaan Pembangunan IKN

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat KTT G-7 di Hiroshima, Jepang. (foto: Twitter/@jokowi).

TEROPONGNEWS.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pemimpin G7 yang tergabung dalam Global Infrastruktur and Investment (PGII) mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, melalui investasi dan pembiayaan lainnya.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam keterangannya di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023).

Kata Retno, di depan pemimpin G7, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sangat membuka keran investasi pembangunan IKN di berbagai sektor antara lain transportasi, kesehatan, teknologi, pendidikan dan lain-lain.

“Indonesia mengharapkan dukungan PGII terhadap pembangunan IKN melalui investasi konkret dan pembiayaan inovatif lainnya,” kata Menlu Retno dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Dia melanjutkan, Presiden Jokowi juga menyampaikan ke pemimpin G7 bahwa Indonesia memiliki agenda besar membangun infrastruktur untuk menciptakan pemerataan dan meningkatkan daya saing pembangunan infrastruktur yang Indonesia-sentris

4963
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Termasuk pembangunan IKN diperlukan untuk mengatasi ketimpangan. IKN didesain sebagai kota pintar masa depan berbasis alam dengan 70% area hijau dan 80% sumber energi berasal dari energi baru terbarukan,” kata Menlu Retno.

Pertemuan PGII di Hiroshima ini merupakan side event dari KTT G7 atau kelanjutan dari pertemuan yang diselenggarakan di Pulau Dewata Bali tahun 2022 lalu.

PGII merupakan kolaborasi yang dibentuk oleh G7 untuk membiayai pembangunan infrastruktur di negara berkembang.

Acara ini dihadiri oleh 6 anggota G7, yakni Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Kanada, Italia, Inggris, dan Uni Eropa, serta negara mitra G7 yaitu Indonesia, India, Australia, Korea Selatan, Komoros, Vietnam, dan Cook Island, serta dihadiri juga oleh Bank Dunia, juga tiga perwakilan sektor swasta.