Pertemuan Presiden Joko Widodo bersama anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2022-2027 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/9/2022). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

 2,474 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2022-2027 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 22 September 2022.

Selain memperkenalkan anggota Bawaslu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja meminta dukungan dari Presiden Jokowi terkait beberapa hal mengenai fasilitas pengawasan dalam pemilihan umum (pemilu).

“Kami mintakan kepada Bapak Presiden khususnya misalnya mengenai support pembiayaan dan lain-lain, dan sudah dipenuhi pemerintah walaupun ada beberapa hal yang masih kurang, kekurangan inilah yang kemudian kita mohonkan kembali,” ucap Rahmat, di komplek istana kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Selain itu, Rahmat juga meminta agar pihak keamanan dan pengawas di tempat pemungutan suara (TPS) yang berlokasi di pulau terluar bisa mendapatkan kemudahan fasilitas untuk berkoordinasi dengan sejumlah pihak lainnya.

“Kemudian juga fasilitasi teman-teman keamanan pengawas di tempat-tempat TPS, di tempat-tempat pulau terluar dan juga terjauh, sehingga bisa dikomunikasikan dengan kepolisian, Panglima TNI, dan juga aparat pemerintah daerah,” tuturnya.

Selanjutnya, Rahmat menuturkan bahwa Kepala Negara menginstruksikan Bawaslu untuk bertindak tegas dalam penegakan hukum sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran berdasarkan ketentuan Undang-Undang (UU) Pemilu. Untuk itu, pihaknya meminta dukungan penegakan hukum.

“Pak Presiden meminta bahwa Bawaslu tegas dalam melakukan penegakan hukum sehingga kemudian orang berpikir dua kali untuk melanggar ketentuan Undang-Undang Pemilu, baik ketentuan pidana, ketentuan administrasi, maupun ketentuan etika,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Rahmat juga mengundang Presiden untuk hadir sekaligus membuka acara Global Network on Electoral Justice (GNEJ) di Denpasar, Bali yang akan digelar pada 9 Oktober 2022 mendatang.

“Ini merupakan sebuah conscious bahwa perkumpulan tribunal election di seluruh dunia yang Bawaslu sekarang menjadi Presiden dari Global Network on Electoral Justice. Ini acara tahun ini paling besar dan semoga Pak Presiden bisa hadir dan membuka acara tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rahmat juga meminta dukungan kepada Presiden terkait penyediaan fasilitas BPJS untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Ad Hoc. Rahmat menyebut, Presiden Jokowi akan mendukung hal tersebut.

“Kami juga mohon support terhadap dukungan penyediaan fasilitas BPJS buat teman-teman Panwas Ad Hoc terutama. Pak Presiden mendukung sekali untuk hal tersebut, semoga langkah awal ini akan lebih baik lagi ke depannya,” ucap Rahmat.

Berita lain untuk anda

DPD II Partai Golkar Kabupaten Maybrat Ancam Dualisme Kepemimpinan, Jika Hal ini Terjadi

 1,015 total views (dibaca)  1,015 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, MAYBRAT- Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Maybrat…

PBPON XX Gelar Pelatihan Peliputan PON XX di Papua

 964 total views (dibaca)  964 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI- 100 Jurnalis dan Fotografer mengikuti pelatihan Fotografer…

Pemprov Kaltara Bentuk Gugus Tugas Pencegahan TPPO Cegah Human Trafficking

 1,132 total views (dibaca)  1,132 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Sebagai upaya untuk penurunan tingkat…

Hati-Hati, Pelaku Penipuan Catut Nama Anggota DPR PB Untuk Minta Uang

 1,038 total views (dibaca)  1,038 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Modus penipuan dengan menggunakan nama…

260 Napi Lapas Kelas IIB Merauke Terima Remisi HUT RI ke 77

 1,465 total views (dibaca)  1,465 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dari 307 Narapidana (Napi) di Lapas…

Dengan Slogan “Reses Berbagi PKB Peduli” Cara Hurasan Bantu Warga

 1,041 total views (dibaca)  1,041 total views (dibaca) Ambon, TN – Ada cara yang unik dari Anggota…

6 Personil Band Jadi Korban Jiwa Terbakarnya Bangunan Double O, Sahabat Rasakan Firasat

 928 total views (dibaca)  928 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Keluarga serta kerabat korban peristiwa kebakaran di…

PSBB Jadi Solusi Bagi Ancaman OTG di Papua Barat

 966 total views (dibaca)  966 total views (dibaca) Manokwari,TN– Pasien positif yang sudah terpapar corona virus disease…

Hati-Hati! Kawasan Sorong Manoi Rawan Kejahatan

 1,017 total views (dibaca)  1,017 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sejumlah titik di wilayah Distrik Sorong…

Ingin Pecahkan Batu Ginjal Tanpa Operasi di Ambon, Ini Tempatnya

 396 total views (dibaca)  396 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon kini…