Peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Brazilia B. Wanggay.

 445 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai mahasiswi perantau yang tinggal jauh dari orang tua, hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat dirasakan manfaatnya oleh Brazilia B. Wanggay (18).

Mahasiswa dari salah satu universitas di Manado ini merantau jauh dari orang tua yang berada di Kota Sorong Papua Barat, menceritakan kisahnya beberapa waktu lalu kepada tim Jamkesnews saat harus berjuang sendirian operasi usus buntu.

“Awal April kemarin, saya baru selesai operasi usus buntu di Rumah Sakit Tondano di Manado. Puji Tuhan, sebelum berangkat merantau orang tua sudah memberikan kartu JKN-KIS ini untuk jaga-jaga terjadi kejadian seperti ini, jadi seluruh biaya operasi perawatan sepeserpun saya tidak keluarkan,” ceritanya, Jumat (04/06).

Saat menunjukan KIS miliknya di UGD Rumah Sakit, Brazilia merasa takjub karena seluruh prosedur sangat dimudahkan baginya tanpa adanya kendala yang berarti. Kini ia telah menjalani seluruh perawatan dengan baik hingga sembuh dan kembali ke Sorong untuk melanjutkan kuliahnya.

“Saya ke Puskesmas tempat saya terdaftar dulu saat merasa perut saya sudah sakit sekali, lalu dirujuk ke rumah sakit dan ternyata divonis harus operasi karena usus buntu. Tetap ikut prosedur pelayanannya, pasti lancar. ,” tambahnya.

Peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD ini mengaku tanpa adanya JKN-KIS ia mungkin tidak akan memberanikan diri untuk melakukan pengobatan karena bagi mahasiswi perantau biaya berobat akan sangat mahal.

Tra pernah (Tidak pernah, red) terbayangkan mau operasi, persiapan juga tra ada (tidak ada, red). Perkiraannya hanya sakit perut biasa. Untungnya saya sudah memiliki kartu JKN-KIS ini. Kalau tidak, orang tua pasti sangat pusing bingung mau memikirkan yang mana, antara mengkhawatirkan saya yang operasi atau biaya operasi yang tidak sedikit,” ujarnya.

Sembari menutup perbincangan, Brazilia mengharapkan agar Program JKN-KIS ini akan selalu ada ke depannya memberikan manfaat bagi masyarakat terutama seluruh perantau yang hidup jauh dari orang tua.

Berita lain untuk anda

Usai Sidak, Panja RSUD Haulussy Belum Bisa Berkesimpulan

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Panitia Kerja (Panja) Rumah Sakit Umum…

Jaksa Agung Burhanuddin Tunjuk Reimel Jesaja Jabat Kajati Sultra

 604 total views (dibaca)  604 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Jaksa Agung RI, Prof Dr Burhanuddin…

Astaga! Bertambah Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kendari

 539 total views (dibaca)  539 total views (dibaca) Kendari, TN – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Virus…

Ini Klarifikasi Pihak Pengelola Gudang Sanwira Merauke

 468 total views (dibaca)  468 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menyikapi sekaligus menanggapi opini yang berkembang…

Home Industri Sebagai Persiapan OAP Menyambut Provinsi Papua Selatan

 490 total views (dibaca)  490 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kegiatan Home Industri di Polres Merauke…

Polres Merauke Antisipasi Modus Penculikan Anak

 438 total views (dibaca)  438 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Guna mengantisipasi penculikan, Kapolres Merauke AKBP…

Fauzun Nihayah Serahkan Bantuan ke Asrama Mahasiswa Putri Merauke

 486 total views (dibaca)  486 total views (dibaca) Jayapura, TN – Sekretaris Komisi V DPR Papua, Fauzun…

2021, Wisata Domestik dan Alam di Kaltara Tetap Jadi Andalan

 513 total views (dibaca)  513 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Optimisme tinggi diusung para pelaku…

Sudah Lima Bulan Honor Guru SLB Negeri Kabupaten Sorong Belum Terbayar

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) “Untuk lauk pauk, kami hutang dulu ke mas-mas sayur…

Kemenkes Minta Pihak Swasta Menyesuaikan Harga Rapid Antigen

 538 total views (dibaca)  538 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setiap pelaku perjalanan akan diwajibkan rapid…