Opini

Jika 2023 Resesi, apa Dampak yang akan Dirasakan oleh Indonesia?

×

Jika 2023 Resesi, apa Dampak yang akan Dirasakan oleh Indonesia?

Sebarkan artikel ini
Alwi Maga Harahap

Presiden Joko Widodo menyebut awal 2023 diperkirakan dunia sudah memasuki situasi Resesi Global, presiden Jokowi emprediksi situasi tersebut akan menjadi lebih sulit bagi semua negara.

1556
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resesi ekonomi merupakan kondisi perekonomian suatunegara sedang mengalami penurunan yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB), jumlah aktifasi, ataupun pertumbuhan ekonomi memiliki nilai negatif selama dua kuartal berturut turut.
Dalam CNBC Indonesia mentri keuangan Sri Mulyani Indrawati SE., MSc., PHD berulang kali
menjelaskan bahwa keadaan ekonomi dunia saat ini dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

Hal ini yang menjadi pemicu dari adanya ancaman resesi ekonomi yang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi seluruh negara di dunia, termasuk negara Indonesia.
Namun ahli ekonom indonesia Faisal Basri mengungkapkan bahwa sekarang ini pertumbuhan ekonomi dunia masih positif dan tahun depanpun diperkirakan masih positif dan hanya ada beberapa negara saja yang terancam resesi itupun tidak sampai dari 10 negara.

Faisal Basri juga menambahkan Indonesia tidak akan mengalami resesi dikarnakan ekonomi Indonesi tidak terlalu terintegrasi dengan dunia, tanpa penanaman modal asing pun ekonomi Indonesia masih tumbuh karna pertumbuhan ekonomi Indonesia itu dipicu dari segi infestasi domestik.
Hendri Saparini juga mengungkapkan bahwa ekonomi dunia saat ini tidak terlalu buruk dan
diperkirakan tahun depan masih akan tumbuh 2,7%, ia juga menambahkan negara-negara yang paling penting buat kita seperti China masih bisa tumbuh 14% proyeksinya Amerika juga masihpositif.

Jadi artinya sebenarnya kita masih punya ruang untuk bisa melakukan banyak hal agar
kita tidak terkena dampak cukup dalam lalu kita melihat global tahun depan inflasi juga sudah mau menurun proyeksinya jauh lebih rendah disbanding inflasi tahun ini.


Namun walaupun paraahi ekonom Indonesia menyatakan hanya kemungkinan kecil Indonesamengalami resesi tetapi kita harus tetap waspada. Yang menjadi pertanyaannya apabila kemungkinan hal terburuk menimpa kita dan Indonesia mengalami resesi apakah dampak yang dirasakan oleh Indonesia?
Tentusaja dampak yang akan dirasakan oleh Indonesia diantaranya:

  1. Akan memicu ketegangan antara orang kaya dan miskin.
  2. Akan banyak palaku usaha yang menerapkan PHK kepada para pekerjanya, sehingga
    angka pengangguran akan meningkat.
  3. Jumlah angka aksi semakin meningkat, sehingga pemerintah dituntut untuk menemukan
    solusi supaya lapangan kerja dibuka sebanyak-banyaknya.
  4. Pengeluaran pemerintah semakin besar karna pembangunan harus dilakukan, sehingga pemerintah harus menambah utang untuk mengakomodir biaya pembangunan tersebut.

Penulis adalah Ekonomi Syariah UIN Imam Bonjol Padang